Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa melalui Pembelajaran PBL (Problem Based Learning)

Diperbarui: 17 November 2023   20:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Latar Belakang:

Pendidikan merupakan kunci kemajuan (Umi Nasikhah, 2020). Semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat atau bangsa, maka akan baik pula kualitas masyarakat atau bangsa tersebut (Umi Nasikhah, 2020). Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan mengajar agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, serta akhlak. Hal ini sangat berpengaruh juga pada pembelajaran di sekolah yaitu guru. Serta rendahnya pembelajaran matematika di sekolah tempat saya mengajar.

Penyebab rendahnya hasil belajar matematika adalah kurang bervariasinya metode pembelajaran yang diberikan guru (Nining Setyowati, dkk, 2016). Pembelajaran yang terfokus kepada guru, secara umum kurang diminati oleh peserta didik, sama halnya yang terjadi di sekolah saya. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi guru untuk meningkatkan minat belajar pada pelajaran tersebut. Salah satu upaya yang ditempuh bagi guru dalam menumbuhkan kemampuan belajar dengan selalu memberi motivasi. Disamping itu, dalam proses belajar mengajar perlu menggunakan strategi dan metode yang tepat serta efektif yang kita mulai dengan meninggalkan pola mengajar yang selalu monoton agar peserta didik aktif dan merasa senang dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, guru dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) akan menjadi pengalaman yang tertanam dalam diri peserta didik dengan tujuan meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah: 

Masih banyak siswa yang kurang fokus dan kosentrasi ketika guru menjelaskan.

Siswa kurang aktif dalam menjawab pertanyaan guru.

Hasil belajar yang dicapai siswa belum tuntas.

Siswa masih belum mampu dalam menyelesaikan soal-soal berbasis masalah.

Hasil pembelajaran Matematika masih rendah

Dari permasalahan latar belakang tersebutlah  perlu adanya suatu perbaikan dalam proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Tantangan untuk mencapai tujuan:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline