Lihat ke Halaman Asli

Messa Haris

Saat ini saya bekerja sebagai wartawan batampos.co.id

Penjaga Laut yang Minim Armada

Diperbarui: 21 Agustus 2018   18:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Personel Bakamla RI melakukan simulasi pengamanan laut di Selat Singapura beberapa waktu lalu (foto/dok pribadi)

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) merupakan badan yang bertugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia serta wilayah yurisdiksi Indonesia. Namun saat ini Bakamla RI hanya memilliki tujuh unit kapal dan tersebar di zona barat, timur dan tengah.

Di zona barat, Bakamla disiagakan tiga kapal besar. Yaitu KN Bintang Laut, KN Belut Laut dan KN Tanjungdatu. Kapal-kapal tersebut memiliki daerah operasi mulai dari Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau hingga ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Di Zona barat, Bakamla juga menempatkan kantor pangkalan serta stasiun pemantauan keamanan dan keselamatan (SPKKL). SPKKL dilengkapi radar dan teropong jarak jauh. Sehingga memudahkan personel Bakamla untuk memantau setiap gerak kapal yang melintas di sekitar wilayah barat Indonesia.

Direktur Latihan Bakamla, Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono saat mengelar latihan bersama dengan BNN di Kota Batam beberapa waktu lalu menjelaskan, Bakamla RI setidaknya memiliki sekitar 300 unit kapal.

Kebutuhan armada kapal tersebut bahkan sudah melalui kajian tim Bakamla. Sehingga nantinya dapat mengamankan perairan Indonesia yang diperkirakan mencapai 96.079,15 km dari kejahatan di perairan mulai dari penyelundupan hingga perdagangan manusia.

Meski begitu,  Direktur Latihan Bakamla Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono menyebutkan kapal yang dimiliki pihaknya saat ini sudah siap beroperasi dan mempunyai peralatan yang memadai untuk menjaga keamanan, ketertiban dan keselamatan di laut Indonesia.

Bakamla juga berusaha untuk mengamankan perairan di seluruh negeri ini dengan cara berkoordinasi dengan instansi terkait. Tidak hanya melakukan pengamanan laut dari aktivitas ilegal, Bakamla juga harus melakukan tindakan search and rescue (SAR) serta pencegahan pencemaran yang terjadi di laut.

Tidak hanya dari segi sarana dan prasarana, Bakamla masih kekurangan personel. Saat ini personel Bakamla RI hanya berjumlah 8.500 orang. Personel Bakamla terdiri dari PNS, Polri dan TNI terutama dari angkatan laut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline