Lihat ke Halaman Asli

Mesrania

mahasiswa

Mengenal Pasar Persaingan Monopolistik dan Pasar Persaingan Oligopoli

Diperbarui: 30 November 2022   12:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pasar monopolistik dan pasar oligopoli merupakan jenis pasar persaingan tidak sempurna yang artinya suatu pasar yang mana perbedaan penjual dan pembeli sangat banyak, namun dengan produk atau barang yang serupa atau sama.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu pasar monopolistik dan oligopoli. Ayo simak penjelasanya dibawah ini ya!

Pasar persaingan monopolistik

Pasar persaingan monopolistik merupakan jenis pasar persaingan tidak sempurna . Pasar persaingan monopolistik adalah suatu pasar dengan banyak penjual atau produsen dengan jenis barang yang serupa namun karakteristiknya berbeda - beda. Penjual dipasar  persaingan monopolistik ini tidak terbatas tetapi setiap poduk yang diproduksi memiliki corak atau karateristik tesendiri yang membedakannya dengan produk - produk lain.

Ciri - ciri / karateristik pasar persaingan monopolistik

  • Memiliki banyak penjual atau produsen

Pada pasar persaingan monopolistik terdapat banyak sekali produsen atau penjual didalamnya. Setiap produsen mempunyai skala produksi sama pada produsen yang lainnya.

  • Adanya diferensiasi produk

Produk yang dijual dipasar persaingan monopolistik memang terlihat sama tapi setiap produk yang dipasarkan memilki perbedaannya  tersendiri baik dari aspek bentuk, ukuran, corak, kualitas, dan lainnya.

  • Penjual atau produsen relatif mudah keluar masuk pasar

Didalam pasar persaingan monopolistik, produsen  bisa masuk dan keluar pasar dengan mudah sesuai pada kebutuhannya. Disaat produsen masih sedikit, biasanya akan membuat keuntungan yang lebih tinggi. Tetapi produsen yang banyak, keuntungan akan menjadi berkurang.

  • Promosi penjualan melalui iklan

Melakukan promosi atau iklan adalah hal yang penting  dilakukan produsen untuk memasarkan produknya karena ketatnya persaingan di pasar persaingan monopolistik. Tujuan membuat promosi atau iklan ini untuk memperkenalkan produk --produk baru yang dihasilkan dan memberitahu konsumen bahwa produksi yang dihasilkan merupakan produk terbaik.

Kelebihan dan kekurangan pasar persaingan monopolistik

Berikut ini kelebihan dan kekurangan pasar monopolistik yang harus kita ketahui, yaitu sebagai berikut.

Kelebihan pasar persaingan monopolistik

  • Banyaknya produsen di pasar memberikan sebuah keuntungan bagi konsumen untuk bisa memilih produk yang terbaik baginya.
  • Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan sebuah inovasi dalam menghasilkan produknya.
  • Diferensiasi produk mendorong konsumen agar selektif dalam menentukan produkyang akan dibelinya, dan bisa membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
  • Pasar ini sebagian besar menyediakan kebutuhan sehari-hari

Kekurangan pasar persaingan monopolistik

  • memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan. apabila tidak memiliki pengalaman atau pemahaman yang cukup tentang pasar maka akan cepat keluar dari persaingan.
  •  Diperlukan modal yang cukup besar untuk masuk kedalam pasar persaingan monopolistik, karena pemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
  • Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen.

Salah satu contoh pasar persaingan monopolistik

Penjualan sepeda motor Honda dan Yamaha

  • Sepeda motor keluaran Honda = irit

Jenis sepeda motor keluaran Honda :

Matic                     : beat, vario, scoopy

Bebek                   : supra, revo

Sport                     : sonic, CBR250RR

  • Sepada motor keluaran Yamaha = bertenaga

Jenis sepeda motor keluaran Yamaha :

Matic                     : mio, fino

Bebek                   : Jupiter, MX King

Sport                     : R25, R15

Diatas merupakan salah satu cotoh pasar persaingan monopolistik. Honda dan Yamaha sama - sama produsen atau penjual sepeda motor. Akan tetapi kedua perusahaan ini memilki perbedaan karakteristik pada produknya sendiri. Keunggulan Honda terdapat pada penggunaan bahan bakar yang irit. Sedangkan Yamaha unggul dalam akselerasi. Selanjutnya tergantung konsumen atau pembeli dalam membeli produk sesuai kebutuhannya.

Pasar persaingan oligopoli

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline