Lihat ke Halaman Asli

Merza Gamal

TERVERIFIKASI

Pensiunan Gaul Banyak Acara

Transformasi Pariwisata Petualangan di Negeri Maritim Indonesia

Diperbarui: 12 November 2023   07:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal

Antusiasme Wisatawan Petualang

Pandemi COVID-19 telah mengguncang industri pariwisata di seluruh dunia, termasuk pariwisata Indonesia, yang merubah pola perjalanan dan mendorong munculnya minat baru dalam pariwisata petualang.

Artikel sederhana ini akan menjelajahi pergeseran perilaku wisatawan menuju petualangan pasca-pandemi, tantangan yang dihadapi sektor pariwisata global, serta kondisi unik di Indonesia.

Sejalan dengan pulihnya kegiatan pariwisata di berbagai belahan dunia, terjadi peningkatan signifikan dalam minat wisatawan terhadap destinasi petualangan. The New York Times (17 September 2023) melaporkan boomingnya wisata petualangan ke negara-negara seperti Mongolia dan Uzbekistan. 

Perusahaan asuransi dan layanan penyelamatan darurat melaporkan peningkatan penjualan sebesar 36%, menunjukkan bahwa masyarakat global semakin tertarik untuk menjelajahi tempat-tempat terpencil dan mengadopsi gaya hidup petualangan.

Sementara itu, sektor pariwisata global menghadapi musim dingin yang tidak menentu. Meskipun musim panas telah memberikan keuntungan historis bagi maskapai penerbangan dan hotel di Eropa dan Amerika Serikat, ketidakpastian muncul menjelang musim dingin.

Eksekutif Eropa tetap optimis, sementara beberapa perusahaan AS mengalami melemahnya permintaan, mengandalkan diskon besar-besaran untuk menarik pelanggan. Inflasi tinggi menjadi sorotan, namun pertumbuhan sektor pariwisata secara global tetap positif, diperkirakan tumbuh 5,8% per tahun antara 2022 dan 2032 (Financial Time)

Kondisi Wisata Petualangan di Indonesia

Indonesia, dengan kekayaan alam dan budaya yang luar biasa, juga turut menyaksikan peningkatan signifikan dalam wisata petualangan.

Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline