Lihat ke Halaman Asli

Merza Gamal

TERVERIFIKASI

Pensiunan Gaul Banyak Acara

Manajer Mikro Bukan Zamannya Lagi

Diperbarui: 29 Juni 2022   11:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image: Menjadi manajer mikro sudah bukan zamannya lagi (Photo by Merza Gamal)

Manajemen mikro mendorong insan perusahaan ke arah hasil kinerja yang negatif. Beberapa pemimpin mencoba untuk menghindari menjadi manajer mikro dengan segala cara.  

Seorang manajer mikro seringkali lepas tangan dan membiarkan anggota tim mereka tenggelam atau berenang sendiri. Tampaknya, masih banyak yang bangga menjadi manajer mikro. Mereka ingin terlibat jauh di dalam rumput liar. Mereka melihatnya sebagai tanda pemimpin sejati.

Berikut adalah tes satu pertanyaan untuk mengidentifikasi manajer mikro, lakukan tes dengan satu pertanyaan: "Apakah tim terobsesi dengan pelanggan atau terobsesi dengan bos?"  Jawabannya, dapat dilihat dari tanda-tanda micromanaging dalam tim dan organisasi, sebagai berikut:

  • terobsesi dengan bos daripada terobsesi dengan pelanggan;
  • penerimaan pekerjaan yang kurang baik untuk menjadi panutan kepemimpinan;
  • setiap percakapan dengan bos terasa seperti ulasan kinerja;
  • setiap keputusan harus disetujui oleh manajer;
  • kemacetan proyek yang konstan karena rapat, penjagaan gerbang, dan pemangku kepentingan yang berlebihan;
  • insan perusahaan takut untuk mengungkapkan pendapat mereka;
  • kurangnya pemimpin baru yang naik pangkat;
  • pergantian cepat para ahli berbakat;
  • kreativitas, inovasi, dan kelincahan yang tertahan.

Dengan demikian, tim yang terobsesi dengan bos mudah diidentifikasi. Satu-satunya hal yang penting adalah apa yang bos pikirkan. Bukan misi, bukan pendapatan, bukan pelanggan.

Aspek terpenting dari sebuah proyek, yang dikhawatirkan semua orang, menjadi spesifikasi istimewa (namun tidak relevan dengan kesuksesan) dari bos manajemen mikro. Setiap keputusan harus melaluinya, menghambat kemajuan di setiap belokan. Semua orang takut untuk jujur. Semua orang diam-diam tahu bahwa mereka memberikan produk atau layanan yang lebih rendah. Tidak ada yang merasa mereka melakukan pekerjaan terbaik mereka. Setiap orang merasa selalu dievaluasi. Tidak ada yang mau bertanggung jawab.

Tim yang dikelola mikro dapat memiliki lapisan kebahagiaan dan kepositifan, tetapi hasilnya mencerminkan tim yang tidak bahagia: ketakutan, kelumpuhan, dan ketidakjujuran di dalam; pelanggan yang tidak puas, produk berkualitas rendah dan penawaran yang kurang kompetitif di luar. Dengan kata lain, tim (atau organisasi) yang dikelola mikro adalah bencana yang menunggu untuk terjadi.

Salah satu keluhan paling umum tentang manajer mikro adalah mereka terlalu terlibat. Manajer mikro stereotip mengembara di ruangannya dengan clipboard mereka, secara metaforis memecahkan cambuk untuk memastikan semua orang mencapai target mereka.

Menurut analisis Gallup, mayoritas insan perusahaan mengalami masalah sebaliknya, yakni kurangnya umpan balik dan komunikasi karyawan dengan manajer mereka.

Empat puluh tujuh persen insan perusahan menerima umpan balik dari manajer mereka hanya beberapa kali dalam setahun bahkan hamper tidak pernah. Faktanya, 19% insan perusahaan menerima umpan balik dari manajer mereka setahun sekali atau kurang, dan hanya 7% yang secara harian menerima umpan balik. Dengan demikian, mengingat tidak adanya saran yang diberikan oleh manajer, tidak mengherankan jika hanya 34% insan perusahaan yang sangat setuju bahwa manajer mereka mengetahui proyek atau tugas apa yang sedang mereka kerjakan.

Bahkan, insan perusahaan mengatakan bahwa mereka cenderung menerima umpan balik negatif daripada tidak menerima umpan balik sama sekali. Mereka berharap ketika menerima umpan balik negatif yang terfokus pada kelemahan mereka, mereka cenderung lebih terlibat daripada ketika mereka tidak menerima umpan balik sama sekali.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline