Lihat ke Halaman Asli

Merza Gamal

Pensiunan Gaul Banyak Acara

Strategi "Procurement" di Tengah Inflasi dan Volatilitas

Diperbarui: 12 Mei 2022   15:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pengadaan peralatan kantor. (sumber: freepik.com/rawpixel.com via kompas.com)

Divisi pengadaan (Procurement Division) diposisikan secara unik untuk mengkatalisasi tindakan lintas fungsi yang mendorong efisiensi dan ketahanan dalam kondisi pasar yang berkembang pesat.

Pemimpin divisi pengadaan menghadapi salah satu lingkungan pasar terberat dalam karir mereka. 

Kombinasi faktor makroekonomi---termasuk guncangan Covid-19, perubahan kebijakan perdagangan, kelangkaan tenaga kerja, transisi energi, dan bahkan peristiwa cuaca ekstrem---telah mengubah tren jangka panjang yang telah menguntungkan ekonomi global selama beberapa dekade. 

Invasi Rusia ke Ukraina telah menyebabkan krisis kemanusiaan terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua dan selanjutnya mengganggu hubungan ekonomi lama.

Pada tahun-tahun sebelum pandemi, peningkatan produktivitas dan penurunan biaya untuk banyak input---dicapai melalui strategi lean and just-in-time serta globalisasi rantai pasokan, di antara faktor lainnya---telah memungkinkan banyak organisasi pengadaan untuk beroperasi dengan sukses. 

Tetapi sekarang lonjakan inflasi dan seringnya kelangkaan pasokan penting telah membuat kekurangan model operasi tradisional semakin terlihat dan mahal. 

Kekurangan ini termasuk kurangnya perencanaan jangka panjang yang andal, konsentrasi pasokan yang meningkat, wawasan yang terbatas tentang ekonomi pemasok, kurangnya kolaborasi antar tim fungsional, dan kegagalan untuk mengadopsi dan menskalakan teknologi yang telah terbukti yang dapat mengurangi beban transaksional. 

Image: Strategi procurement di tengah inflasi dan volatilitas (by Merza Gamal)

Dan perang di Ukraina telah memunculkan sejumlah faktor nonekonomi yang sekarang juga harus dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.

Untuk beroperasi dalam konteks baru ini, divisi pengadaan menghadapi perubahan mendasar pada praktik manajemen, kemampuan, dan ekosistem pemasok berdasarkan asumsi yang sudah ketinggalan zaman. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline