Lihat ke Halaman Asli

Merza Gamal

Pensiunan Gaul Banyak Acara

Bertindak Berdasarkan Visi Perusahaan

Diperbarui: 25 Maret 2022   07:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image eksternal stakeholders by Merza Gamal

Interaksi CEO dengan Stakeholders (pemangku kepentingan) Eksternal: Pusatkan pada 'Mengapa?'

Setiap CEO harus mengetahui misi dan nilai perusahaan mereka. CEO yang baik tahu bahwa pernyataan ini perlu lebih dari sekadar slogan untuk poster kantor dan menggunakannya untuk memengaruhi pengambilan keputusan dan perilaku sehari-hari.

CEO yang luar biasa melangkah lebih jauh: mereka memperkuat dan bertindak berdasarkan tujuan perusahaan ("Mengapa?") yang tidak hanya melibatkan menghasilkan uang tetapi juga memberi manfaat bagi masyarakat. Postur ini, bersama dengan pendekatan granular untuk memprioritaskan interaksi pemangku kepentingan dan rencana ketahanan perusahaan yang baik, memungkinkan CEO meminimalkan eksposur perusahaan terhadap risiko terkait pelanggan dan pemangku kepentingan, dan memanfaatkan peluang baru. 

Image: Enam elemen utama pekerjaan dan 18 tanggungjawab CEO (File by Merza Gamal)

Salah satu dari enam  eleman tugas CEO adalah terkait dengan external stakeholders  dengan tiga tanggungjawab sebagai berikut:

Tujuan sosial: Lihatlah gambaran besarnya.

Banyak program tanggung jawab sosial perusahaan tidak lebih dari sekadar latihan hubungan masyarakat: kumpulan inisiatif amal yang menghasilkan perasaan baik tetapi memiliki pengaruh minimal yang bertahan lama terhadap kesejahteraan masyarakat. 

CEO yang luar biasa menghabiskan waktu untuk memikirkan, mengartikulasikan, dan memperjuangkan tujuan perusahaan mereka yang berkaitan dengan dampak gambaran besar dari praktik bisnis sehari-hari. Mereka mendorong upaya yang berarti untuk menciptakan lapangan kerja, mematuhi praktik ketenagakerjaan yang etis, meningkatkan kehidupan pelanggan, dan mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh operasi. 

Hasil yang terlihat penting bagi pemangku kepentingan; misalnya, 87 persen pelanggan mengatakan bahwa mereka akan membeli dari perusahaan yang mendukung masalah yang mereka pedulikan, 94 persen milenial mengatakan bahwa mereka ingin menggunakan keterampilan mereka untuk memberi manfaat, dan investasi berkelanjutan telah tumbuh 18 kali lipat sejak 1995. 

CEO yang bijaksana tahu bahwa mereka akan dimintai pertanggungjawaban karena memenuhi janji mereka, bukan karena ingin mendemonstrasikan hasil seperti tersebut di atas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline