Lihat ke Halaman Asli

Merza Gamal

Pensiunan Gaul Banyak Acara

Menatap Masa Depan Pekerjaan Hybrid

Diperbarui: 20 Juni 2021   12:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi bekerja dari rumah. (sumber: iSTOCK/SHIRONOSOV via kompas.com)

Banyak pihak sudah memahami bahwa pascapandemi Covid-19 pekerjaan akan berubah menjadi hybrid, namun detailnya bisa menjadi kabur.

Menurut survei McKinsey terhadap 100 eksekutif yang mewakili seluruh industri dan geografi, pascapandemi, sembilan dari sepuluh organisasi akan menggabungkan kerja jarak jauh dan di tempat kerja.

Survei tersebut menegaskan bahwa produktivitas dan kepuasan pelanggan telah meningkat selama pandemi.

Meskipun merangkul model hybrid, sebagian besar perusahaan baru mulai memikirkan dan mengartikulasikan secara spesifik tentang bagaimana melakukan gabungan yang lebih permanen dari pekerjaan jarak jauh dan di tempat untuk semua peran yang tidak penting untuk dilakukan di tempat. 

Akibatnya, banyak insan perusahaan merasa cemas. Keberlanjutan peningkatan produktivitas gaya pandemi mungkin tergantung pada bagaimana para pemimpin perusahaan mengatasi kecemasan yang dirasakan insan perusahaan, dan tingkat kelelahan yang terkait.

Dikutip dari survei McKinsey untuk menawarkan wawasan bagi para eksekutif yang sedang memilah-milah rincian pendekatan hybrid. 

Temuan penting adalah bahwa perusahaan dengan peningkatan produktivitas terbesar selama pandemi telah mendukung dan mendorong "momen kecil keterlibatan" di antara insan perusahaan, momen di mana pelatihan, bimbingan, berbagi ide, dan kerja bersama berlangsung. 

Perusahaan-perusahaan tersebut sedang mempersiapkan pekerjaan hybrid dengan melatih manajer untuk kepemimpinan jarak jauh, dengan membayangkan kembali proses, dan dengan memikirkan kembali bagaimana membantu insan perusahaan berkembang dalam peran mereka.

ilustrasi pribadi

Masa depan pekerjaan akan lebih hybrid. Sebelum krisis Covid-19, sebagian besar organisasi mengharuskan insan perusahaan untuk menghabiskan sebagian besar waktu mereka di tempat kerja. 

Tetapi ketika pandemi mereda, para eksekutif mengatakan bahwa model hybrid --di mana insan perusahaan bekerja baik dari jarak jauh maupun di kantor-- akan menjadi jauh lebih umum. 

Mayoritas eksekutif mengharapkan bahwa (untuk semua peran yang tidak penting untuk dilakukan di tempat) insan perusahaan akan berada di tempat antara 21 dan 80 persen dari waktu, atau satu hingga empat hari per minggu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline