Lihat ke Halaman Asli

Meryna Suwito

Mahasiswa S2 Prodi Teknik Industri

Having Fun with WRC

Diperbarui: 29 Juni 2022   12:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Game "WRC FIA World Rally Championship". Siapa yang tidak kenal dengan game ini ? Pasti semua penggemar game racing khususnya game reli dunia kenal betul dengan game yang satu ini. Game WRC memang tidak sepopuler  game DiRT Rally tetapi saya percaya game ini memiliki tempat di hati para gamer khususnya pengemar game racing. 

Diantara game racing lainnya seperti Dirt, F1, Project Cars dan lain sebagainya, WRC berjuang untuk menjadi game racing terbaik.  Dan saya adalah salah satu  penggemar game tersebut, sehingga mengetahui perkembangan dari game ini. Dan karena kegemaran ini pula, saya menghabiskan sebagian tabungan untuk membeli laptop gaming ASUS. 

Ya, maksudnya sekalian, sekalian untuk bekerja dan sekalian untuk bermain game. Dan bisa dilihat beginilah isi Library dari Steam saya, mayoritas diisi oleh game WRC dengan berbagai series, kecuali WRC 8 dan WRC 10.

Dok Pribadi

WRC pertama kali dirilis untuk game Playstation 2 pada tanggal 21 Oktober 2005 di Eropa. Menurut sumber yang ada, WRC saat itu dirilis dengan nama World Rally Championship 5: Rally Evolved atau WRC 5. Game ini kemudian mengalami perkembangan signifikan dari tahun ke tahun, mulai dari WRC 5 sampai sekarang, WRC 10 dan yang akan segera dirilis yaitu WRC Generations.

Game "WRC FIA World Rally Championship" besutan NACON dan KT Racing memberikan pengalaman nyata dalam bermain game racing. Grafik yang ditawarkan memang sangat memukau mata dan benar-benar real, seperti pemandangan alam di setiap track-nya, suasana musim, seperti rintikan hujan, salju yang turun, hingga percikan air ketika melewati genangan air. 

Damage pada mobil pun dibuat se-real mungkin, kita bisa lihat ketika mobil yang kita mainkan masuk ke jurang atau menabrak pohon, benar-benar penyok pada body mobil, sampai terkadang kap mobil pun lepas. Kalau itu biasanya terjadi ketika baru pertama kali main. Nabrak sana-sini. 

Selain itu mode karir disuguhkan secara mendalam dengan berbagai hal kompleks, seperti membentuk tim sendiri, manajemen tim, hingga melakukan marketing hingga mendapatkan sponsor. Layaknya game Football Manager bagi penggemar sepakbola.  bermain inilah yang membuat gamer tidak bosan memainkannya. 

Di tahun 2022, WRC dijadwalkan untuk menghadirkan series terakhir yaitu WRC Generations. Game WRC Generations menjadi game series WRC terakhir yang dikembangkan oleh KT Racing sebelum lisensi game ini beralih ke Codemasters. 

Apa keistimewa WRC ini ? WRC Generations yang akan dirilis pada Oktober tahun ini mendapatkan beberapa konten baru, diantaranya adalah tiga mobil World Rally Championship kelas Rally 1 seperti Ford Puma, Toyota GR Yaris, dan Hyundai i20. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline