Lihat ke Halaman Asli

Ledawarni Merici Satepu

MAHASISWI PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI || STP TRISAKTI || D4 HOTEL 2019

Definisi Singkat Marketing Plan

Diperbarui: 8 November 2021   07:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

publicdomainpictures.net

Halo sobat baca! Saya Ledawarni Merici Satepu, Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta dan saya mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi. Kali ini saya ingin berbagi tentang  Definisi Singkat Tentang Maketing Plan. Nah, buat sobat baca yang sedang belajar daring bisa banget dibaca :)

Marketing Plan adalah sebuah rencana pemasaran yang terdiri dari analisis lingkungan, penentuan tujuan dan sasaran, penetapan strategi dan penjabaran tindakan dalam periode tertentu untuk mencapai tujuan.

Tujuan Marketing Plan :  membuat strategi-strategi marketing selara dengan visi dan misi perusahaan. Dengan rencanan pemasaran, strategi-strategi marketing dapat tersusun dengan baik, jelas tahapannya dan menunjukkan arah untuk pencapaian target.

Manfaat Marketing Plan :

  • Memudahkan penyusunan startegi.
  • Memberikan arahan yang jelas dalam penerapan strategi.
  • Menghindari ketidakjelasan di mata mendatang.
  • Inti kegitatan marketing plan :
  • Analisis situasi lingkungan, pasar dan peluang.
  • Mengambangkan sasaran pemasaran.
  • Menentukan sasaran dan target.
  • Menetapkan strategi pemasaran
  • Menciptakan dan menyusun taktik atau tindakan.

commons.wikimedia.org

Jenis produk : 

  • Barang konsumsi ( covinience goods, shopping good, speciality good, instance good, bulk goods)
  • Barang hasil bumi
  • Barang industry

Sales marketing adalah department yang bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaraan seluruh produk hotel, salah satu department yang sangat penting karena merupakan penyumbang revenue terbesar, merupakan pilar penting yang ada di hotel.

seobility.net

Promotion & Media plan 

  • Jenis promosi sesuia dengan brand perusahaan dan target market.
  • Online marketing, bisa menggunakan social media seperti instagram dan tiktok dalan melakukan pemasaran.
  • Tentukan yang paling menguntungkan untuk perusahaan.

Budgeting (Anggaran)

  • Tahapan budget yang sesuai, proposional agar proses eksekusi dan pelaksanaan dapat berjalan dengan alancar.
  • Menentukan budget sebelum memulai sesuatu sangat penting, agar hasil akhir yang diterima sesuai dengan ekspetasi dan harapan.


Selamat Membacaa.....





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline