Lihat ke Halaman Asli

Ledawarni Merici Satepu

MAHASISWI PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI || STP TRISAKTI || D4 HOTEL 2019

Tips Hemat ala Anak Kost

Diperbarui: 28 Juli 2020   17:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gierfi.com

Kata hemat pastinya sudah tak asing lagi bagi kita, baik itu dikalangan anak remaja, orang dewasa, bahkan lansia pun pasti sudah sangat familiar dengan kata tersebut. 

Dimana kita harus berhati-hati dalam menggunakan uang, tidak hanya itu saja bahkan barang, tenaga dan pikiran pun kita harus hemat. Apalagi kita yang sudah jauh dari jangkauan orang tua (perantau) pasti sangat susah jika harus hidup hemat tanpa pengawasan orang tua, apalagi tentang keuangan. 

Nah, kali ini saya mau share tips hemat ala anak kost, menurut pengalaman saya sendiri, dimana meskipun pendapatan saya tidak terlalu banyak tetapi saya tidak kekurangan.

Saya membagi pengeluaran saya menjadi 4 bagian yakni biaya hidup,biaya rumah tangga, uang darurat, dan lifestyle ( keinginan).

1. Biaya Hidup

Biaya hidup ini mencakup kebutuhan pokok kita. Berupa pangan, sandang, dan papan. Pastikan kita prioritaskan kebutuhan ini tapi tetap dihemat, misalnya kalau pangan kamu bisa dengan masak sendiri di rumah, delivery pun bisa dilakukan tapi jangan keseringan ya, karena kalau keseringan bisa bikin kantong bolong juga loh,jadi harus bisa dikondisikan ya nafsunya. :) 

Jadi untuk biaya hidup ini saya alokasikan sekitar 35%-40% dari penghasilan saya.

2. Biaya Rumah Tangga

Shutterstock

Disini  saya katakan biaya rumah tangga karena mencakup keperluan rumah seperti sabun mandi, sabun cuci, shampo, serta keperluan lainnya seperti skincare, body cream, dan sebagainya. 

Nah, biasanya saya suka cari produk-produk yang ada cashback dan promonya biar lebih hemat. Untuk biaya ini saya alokasikan sekitar 20%-25% dari penghasilan. Pasti ada kan yang kayak saya juga yang suka cari barang diskonan? :)

3. Biaya Darurat

(Shutterstock/ChristianChan)

Biaya darurat ini buat hal yang benar-benar sangat mendesak yang harus kita bayarkan. Misalnya untuk kesehatan atau tiba-tiba kamu mempunyai tugas mendadak dan uang ini bisa kamu gunakan. Untuk biaya ini cukup di alokasikan sekitar 20% dari penghasilan kita saja, akan menjadi lebih berguna jika ditabung sedikit demi sedikit.

4. Lifestyle 

werdhisedana.co.id

Mau bergaya atau ingin membeli barang yang disuka ya boleh-boleh saja daripada bikin stres kalo keinginan dipendam terus, yang penting tetap sewajarnya saja ya jangan keblablasan. Kalau ini saya sisihkan sekitar 5% saja, tapi kalau kamu masih punya banyak sisa uang ya sesuaikan  saja ya :)

Nah, itu beberapa tips hemat uang ala anak kost menurut pengalaman saya dan berhematlah sesuai penghasilan kita, jangan dipaksakan harus seperti itu ya sobat harus disesuaikan. 

Semoga bermanfaat :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline