Lihat ke Halaman Asli

Meri

Mahasiswa Universitas Pamulang

Efek Samping Teori Ekonomi Mikro dalam Era Digitalisasi

Diperbarui: 7 Desember 2023   20:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo guys, siapa disini yang belum mengetahui apa itu Teori Ekonomi Mikro? Dan Efek Sampingnya yuk simak 

Teori Ekonomi Mikro yaitu suatu teori yang mempelajari harga,barang dan jasa.Teori ekonomi mikro juga sangat berguna untuk mengolah dan mencari tahu harga nilai suatu barang.

Didalam teori ekonomi mikro juga terdapat 2 teori yaitu :

1).Teori Produksi,yaitu teori yang mempelajari bagaimana perusahaan menggabungkan suatu faktor produksi dari tenaga kerja dan modal agar menghasilkan output.

2). Teori Konsumen,yaitu teori yang mempelajari suatu perilaku konsumen agar mereka bisa memilih dengan tepat ketika membeli suatu barang yang sesuai dengan preferensi mereka.

Teori ekonomi mikro juga sangat penting di era digitalisasi,karena teori ekonomi mikro memungkinkan semua orang untuk mengetahui pasar global,yaitu dengan memahami interaksi antara konsumen dan produsen di berbagai penjuru dunia. Selain itu, investasi asing yang langsing yaitu menjadi faktor paling penting di dalam pertumbuhan ekonomi. Ada juga persaingan global, globalisasi akan membawa persaingan yang sangat intensif antara perusahaan dari berbagai negara.

Di era digitalisasi,teori ekonomi mikro memiliki beberapa efek samping yang sering terjadi antara lain :

1. Pengangguran Jangka Panjang

Pengangguran jangka panjang adalah satu efek samping teori ekonomi mikro karena diera digitalisasi sangat diperlukan skill yang lebih tinggi dan berpengalaman,namun sangat disayangkan tidak semua pekerja memiliki memiliki skill yang sesuai dengan permintaan pasar tenaga kerja yang berkaitan dengan digital.

2. Kesenjangan Teknologi

 Dalam era digitalisasi, akses terhadap infrastruktur teknologi sangat penting seperti internet dan perangkat komputer, namun sayangnya tidak semua wilayah dan individu memiliki akses yang sama sehingga sangat sulit untuk mendapatkan akses informasi dan peluang kerja sehingga tidak dapat memperdalam kesenjangan teknologi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline