Lihat ke Halaman Asli

Merry Ivn

Hiburan

Kembangkan Minat Bakat, Mahasiswa KKN Undip Ajak Murid Membuat Karya Sastra

Diperbarui: 11 Februari 2023   11:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: ilustrasispesial.blogspot.com

(Giritontro, 11/02/2023) - Karya sastra adalah media yang mendayagunakan manusia (Murpratama, 2012:4). Sehingga umumnya, karya sastra berisi permasalahan hidup manusia. Maka karya sastra memiliki beberapa tujuan mengapa diciptakan. Salah satu tujuannya adalah sebagai sarana hiburan masyarakat. Namun karya sastra juga memiliki tujuan sebagai ajang kritik. Tujuan itu akan kembali lagi pada pengarang.

Beberapa karya sastra juga secara tidak langsung menuliskan sejarah, alias apa yang terjadi pada negara Indonesia di masa lalu. Sebut saja novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer, atau Saman karya Ayu Utami, dan novel-novel yang ditulis pasca kemerdekaan lainnya.

Karena hal itu, karya sastra sangat baik untuk dikenal oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Karya sastra menjadi penting untuk diajarkan sejak dini. Tentu cara mudah adalah melalui pembelajaran di sekolah. 

Selain mengenal sejarah melalui karya sastra, namun pembelajaran tersebut juga dapat menjadi wadah untuk anak memiliki minat serta bakat terkait karya sastra. Sehingga kegiatan pengembangan minat bakat mampu dilaksanakan secara berkelanjutan di dunia pendidikan, dalam hal ini adalah sekolah. Sayangnya minat bakat anak dengan karya sastra belum banyak didukung secara nyata di sekolah dasar.

Hal ini pula yang terjadi di SDN 2 Giritontro, Kelurahan Giritontro, Kabupaten Wonogiri. Pihak sekolah pun mengatakan jika kegiatan minat bakat dalam hal karya sastra belum berjalan optimal. Dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Undip di Kelurahan Giritontro menyelenggarakan program kerja Pengembangan Minat dan Bakat terkait literasi dan juga karya sastra. 

Program sudah berlangsung pada tanggal 27 Januari 2023. Mahasiswa KKN Undip terlebih dahulu memberikan pengedukasian berupa materi kepada murid kelas 5 dan 6 terkait apa itu literasi dan karya sastra. Selanjutnya pendampingan mengenai pengembangan minat dan bakat terkait karya sastra.

dokpri

Mahasiswa mengajak seluruh siswa untuk berkarya dengan menghasilkan tulisan karya sastra, berupa puisi, pantun, ataupun cerita pendek. Para siswa menunjukkan semangat yang baik dalam proses penulisan karya mereka. Hasil akhir dari program kerja ini yaitu beberapa karya siswa akan dipajang di mading sekolah, sehingga seluruh warga SDN 2 Giritontro melihat karya mereka.

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline