Jurnal Refleksi Minggu ke -- 23
Pengelolaan program yang berpihak pada murid
Minggu ini adalah minggu ke dua puluh tiga pendidikan guru penggerak . Menulis jurnal refleksi merupakan metode yang digunakan dalam pembelajaran ini dengan tujuan agar CGP mampu merefleksikan diri mengenai apa yang dipelajari, baik hambatan yang dialami dan harapan dari CGP sendiri mengenai apa yang ingin dilakukan dengan pemahaman yang sudah diperoleh selama pembelajaran satu minggu ini.
Conection
Minggu sudah masuk dalam bagian eksplorasi konsep dan unggah tugas pengelolaan program yang berpihak pada murid dalam langkah awal eksplorasi konsep, kegiatan dimulai dengan sebuah pemahaman yang berdasar pada filosofi KHD bahwa Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).
Konsep inilah yang mengahantarkan saya pada satu pemikiran awal bahwa sesungguhnya pengajaran dan pendidikan harus benar-benar memerdekakan siswa oleh karena itu langkah awal dari semua program yang perlu diperhatikan adalah hal keberpihakan pada murid. Ruang diskusi merupakan sarana untuk saling memberi dan menerima konsep dalam memahami materi pengelolaan program yang berpihak pada murid.
Bahwa dalam merancang sebuah program kegiatan pembelajaran di sekolah penting adanya pertimbangan bahwa program tersebut dapat mengakomodir voice, choice dan ownership murid dengan mendorong munculnya raca percaya diri dan kemandirian siswa.
Chalenge
Selama mengikuti pembelajaran mengenai pengelolaan program yang berpihak pada murid ada pemehaman baru yang saya dapatkan bahwa dalam menyusun pdan merencakan program kegiatan di sekolah saya belum mengikuti langkah-langkah seharusnya yakni :
- Menganalisis aset apa yang dapat dimanfaatkan dalam perencanaan program
- Merencanakan program yang berdampak pada murid dengan tahapan BAGJA
- Menerapkan menejeman resiko dan monitoring serta evaluasi program
Sehingga melalui pembahasan materi ini saya mendapatkan pemahaman yang baru bahwa aset sekolah menjadi bagian penting dalam perencanaan dan penyusunan program yang berpihak pada murid.
Concept