Lihat ke Halaman Asli

Andayo Ahdar Notes

menulis, membaca satu paket untuk melihat bangsa

Pendaki Nafas Tua

Diperbarui: 5 Januari 2024   13:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://web.facebook.com/groups/160569296002072In

Setiap insan di muka bumi ini selalu berupaya untuk berbuat hal-hal yang penting. Upaya yang mengoptimalkan potensi diri yang menjadi rutinitasnya. Seperti kegiatan yang berhubungan dengan hobi atau kesenangan. Hobi yang positif. Maka mereka pun saling menghimpun kesamaan-kesamaan atas aktivitas mereka. Salah satu hobi yang digeluti dan memiliki rating yang tinggi yaitu hobi yang dilaksanakan dengan melibatkan beberapa personil. Setidaknya 3 orang paling sedikit. 

'i' penat celebes

Hobi yang membutuhkan perencanaan atau manajerial yang apik agar saat menjalaninya bisa menjadi lebih seru, menantang. Hobi yang memadu beberapa aspek seperti ; wisata, petualangan, manajemen dan pendidikan. Berpadu menjadi satu. Mendaki gunung jawabnya. Kegiatan yang digemari oleh tua dan muda. 

'i' penat celebes

Memasuki Pertengahan tahun 2021,  Para penggiat kegiatan alam bebas menggagas sebuah wadah komunitas mendaki gunung. Dengan beragam latar belakang personilnya. Kecintaan mereka  untuk terus bisa bergiat di alam bebas. Bertujuan untuk mengekspresikan kegiatan-kegiatan mereka dalam berbagai event kegiatan alam bebas. Mendaki gunung merupakan gerbang awal untuk kegiatan alam lainnya. Seperti panjat tebing, arung jeram, susur gua dan lainnya. 

'i' penat celebea

Wadah yang terbentuk itu bernama PENDAKI NAfAS TUA atau disingkat PENAT. Penat yang dibentuk melalui media sosial atau jejaring sosial facebook begitu efektif dalam menghimpun para pendaki senior yang telah bernapas tua namun tetap bersemangat membara untuk  bisa tetap mendaki gunung. 

Hadirnya PENAT yang begitu pesat tersebar pada berbagai penjuru NKRI. beranggotakan sekitar 44.667 anggota. Usia mereka berkisar 30 - 70an tahun.  PENAT hadir untuk membersamai dan memersatukan para pendaki indonesia yang senantiasa berbagai ilmu, pengalaman serta nasihat-nasihat bijak kepada sesama manusia terkhusus sesama pendaki gunung.  Selama kegiatannya positif dan memberi manfaat dan nafas masih berhembus, mendakilah.

Sulawesi Selatan sebagai bagian destinasi pendakian yang sering didatangi oleh para pendaki lokal maupun Luar Negeri. Pun terhimpun dalam PENAT. Dengan mengusung nama PENDAKI NAfAS TUA CELEBES. Beberapa kegiatan pendakian yang telah dilaksanakannya. Dan bukan hanya terbatas pada mendaki gunung  semata namun juga hal lainnya. Salah satunya arung jeram.aksi bersih gunung.

'i' penat celebes

Salam lestari. Naik gunung menyehatkan tubuh dan bathin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline