Lihat ke Halaman Asli

Andayo Ahdar Notes

menulis, membaca satu paket untuk melihat bangsa

Ekskul Memanah: Dimulai dengan Daurah Memanah

Diperbarui: 11 Februari 2022   08:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat Daurah basic Memanah kelas putra (ikhwa) - Dokpri

Memanah merupakan salah satu bidang olahraga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad selain berkuda dan berenang. Olahraga sunnah yang merupakan trend yang baik, terutama dikalangan anak muda dan pelajar pada era millenial ini. Hingga tak heran olahraga memanah menjamur dan sangat cepat diterima masyarakat. Khususnya sekolah yang berbasis Islam.  

Kegiatan yang dilakukan dikala waktu senggang dan juga menjadi ekstrakurikuler pada beberapa sekolah. SMP IT Wahdah Islamiyah merupakan salah satu sekolah yang mengadakan kegiatan ekskul memanah.  Dan  termasuk ekskul yang memiliki banyak peminat selain Futsal dan Karate.  

Ekskul memanah dibina dan dilatih oleh Ust. Alun Suprio. Beliau merupakan praktisi memanah dari Tim Wahdah Peduli. Dan untuk Siswa Akhwat juga dibina dan dilatih oleh tim pemanah Akhwat Wahdah Peduli. Kegiatan perdana Ekskul memanah, tidak langsung melakukan aktifitasnya di lapangan namun dimulai dengan daurah singkat tentang memanah. 

Ust. Alun bertindak sebagai pembawa materi menjelaskan tentang hal yang paling dasar dari memanah, terutama adab-adab memanah. " Dalam memanah perlu kita memperhatikan adab-adabnya sebagaimana pada kehidupan sehari -hari ada adabnya, begitu juga memanah," Tutur Ust. Alun. para siswa mendengarkan dengan seksama serta fokus pada materi yang dijelaskan. Lanjut beliau menjelaskan. "Tiga hal yang penting dalam adab memanah yang harus dilakukan sebelum kita memanah. Pertama, Niat.

Berniat yang lurus dan bersih serta memohon petunjuk kepada Allah Subhanahu Wa ta 'ala. Kedua, Berwudhu. Untuk mejaga kesucian kita dalam memanah. Dan yang ketiga Shalat sunnah dua rakaat. Dengan harapan memohon petunjuk dari Allah atas kegiatan sunnah yang kita lakukan ini, sebagai suatu amalan kebaikan." Lalu selanjutnya menerangkan tentang alat memanah.  

Ekskul memanah ini dikuti oleh siswa Ikhwa dan Akhwat sebanyak 46 orang, 12 Ikhwa dan 34 Akhwat. Antuasias mereka semakin terlihat pada saat sesi pemanasan dan penjelasan diluar ruangan tentang memanah serta penjelasan cara menggunakan panah dengan benar. 

Penjelasan alat memanah, kerlas Putri (Akhwat)  - Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline