Lihat ke Halaman Asli

Mentari Juan

Universitas Garut

Upaya Penanaman Kesadaran Persatuan dan Kesatuan

Diperbarui: 15 Januari 2024   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Secara garis besar persatuan adalah gabungan (ikatan, kumpulan, dan sebagainya) dari beberapa bagian menjadi satu entitas yang utuh. Dengan kata lain, persatuan berarti menggabungkan berbagai corak yang berbeda ke dalam suatu kebulatan yang utuh. Kemauan yang sadar dan penuh tanggung jawab untuk menciptakan kehidupan yang baik adalah alasan mengapa orang Indonesia bersatu. Persatuan dan kesatuan bangsa memiliki arti bahwa kita harus selalu bersatu, dimana hal ini telah dibuktikan dalam sejarah yang menunjukkan betapa pentingnya persatuan untuk meraih kemerdekaan.

Persatuan hadir dikarenakan kesamaan tujuan dan kepentingan serta cita-cita dari setiap individu atau kelompok yang berbeda yang menyatu dalam satu kesatuan yang utuh dan lebih besar.

Indonesia sendiri terkenal dengan keragaman suku, budaya etnis bahkan bahasa dan sebagainya yang memiliki perbedaan, keunikan dan ciri khas masing-masing. Namun, untuk mencapai sebuah Bangsa yang maju dan berdaulat, tentu keragaman yang begitu banyak itu harus bersatu dan tidak saling menonjolkan diri, dengan begitu persatuan dan kesatuan Indonesia dapat teruwujud.

Disisi lain, persamaan nasib yang dialami setiap warna negara menjadi faktor yang sangat mempengaruhi dalam persatuan dan kesatuan. Maka dari itu, kesadaran akan persatuan dan kesatuan harus ditanamkan sejak dini untuk menjaga kedamaian bangsa baik dari ancaman luar maupun ancaman dari dalam negeri sendiri. Itulah mengapa ada semboyan "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh" sebab hal ini membuktikan bahwa apabila tidak adanya persatuan dan kesatuan makan tidak akan terwujud pula kedaulatan bangsa yang sejahtera. 

Sebagai warga negara yang baik, kita haru menanamkan kesadaran akan persatuan dan kesatuan. Adapun upaya penanaman kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam dilakukan dengan cara-cara berikut, seperti :

  • Menjunjung tinggi keadilan, baik bagi siapa pun atau dalam hal apapun
  • Menanamkan rasa persatuan dan kesatuan sejak masih dini dengan belajar menghargai sesame
  • Menjunjung tinggi toleransi baik dalam hal ibadah maupun bersosialisasi
  • Berpikir kritis dan rasional serta memiliki tujuan untuk maju menjadi lebih baik
  • Menanamkan keyakinan dan kesadaran bahwa setiap tindakan akan selalu memiliki konsekuensi
  • Bersedia terus belajar dan mengikuti perkembangan zaman dan IPTEK untuk kebaikan bersama
  • Tidak selalu menomorsatukan kepentingan pribadi diatas kepentingan orang lain



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline