Lihat ke Halaman Asli

Menik Sri Daryanti

a long life learner :)

Pengabdian Masyarakat: Remaja Putri Sadar Anemia untuk Generasi Prima

Diperbarui: 1 Agustus 2023   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Pendidikan kesehatan tentang anemia remaja

Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas 'Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Cabang Kotabarat Surakarta. Kegiatan ini dilangsungkan di aula Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Cabang Kotabarat Surakarta, pada Kamis tanggal 1 Juni 2023.

"Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi pentingnya memahami anemia pada remaja," jelas Menik Sri Daryanti, S.ST., M.Kes selaku ketua dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, sekaligus merupakan dosen Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Universitas 'Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan bersama anggota pengabdian masyarakat Luluk Khusnul Dwihestie, S.ST., M.Kes, serta melibatkan mahasiswi Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Universitas 'Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, yakni Rizfi Pramesi Lalita dan Firsta Fadhilla Putri, sehingga mahasiswi mendapatkan wawasan dan pengalaman terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Bentuk dari pengabdian yang dilakukan Menik S.D dan tim adalah pendidikan kesehatan yang menjelaskan pentingnya remaja putri memahami anemia dan cara pencegahannya, apalagi anemia ini dapat berdampak pada kesehatan dan menurunnya produktivitas remaja. Pada kesempatan ini, juga ditambahkan informasi oleh Luluk K.D mengenai tablet tambah darah atau tablet Fe, yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi anemia pada remaja putri. Para peserta mengapresiasi dengan baik program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan ini dan antusias mendengarkan serta aktif bertanya saat penyuluhan kesehatan berlangsung.

Kegiatan pengabdian ini diikuti sejumlah 13 remaja putri. Selain mendapatkan pendidikan kesehatan, remaja putri juga dilakukan pengecekan kadar Hb (hemoglobin) dalam darah, sehingga dapat diketahui mereka berstatus anemia atau tidak. Dari hasil pemeriksaan darah, diperoleh 100% remaja putri di panti 'Aisyiyah memiliki kadar Hb > 11gr% sehingga dapat dinyatakan seluruh remaja putri tidak ada yang mengalami anemia.

Upik Suwarniasih selaku Pengurus Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Cabang Kotabarat, Surakarta menyambut baik kegiatan pengabdian yang dilakukan dari Universitas 'Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta ini. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini, remaja dapat memahami betapa pentingnya remaja harus sadar akan anemia.

                    

Gambar 2. Sesi tanya jawab  

Gambar 3. Pengecekan kadar Hb

Pada saat kegiatan pengabdian, dibagikan tablet tambah darah atau tablet Fe, dengan harapan remaja juga dapat mengetahui fungsi dari tablet tersebut yang dapat membantu mengatasi anemia jika diperlukan.

Gambar 4. Foto bersama tim dan peserta pengabdian

          "Kami mengucapkan terimakasih kepada Unisa Yogyakarta dan Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Cabang Kotabarat Surakarta, yang telah mengijinkan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para remaja putri di Panti Asuhan 'Aisyiyah Kotabarat" pungkas Menik S.D.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline