Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Kurt Vonnegut, Si Penulis Novel-novel Satir

Diperbarui: 21 April 2020   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

image from theguardian.com

Kurt Vonnegut, atau Kurt Vonnegut, Jr, (lahir 11 November 1922, Indianapolis, Indiana, AS — meninggal 11 April 2007, New York, New York), adalah seorang penulis Amerika yang dikenal luas karena novel-novel satir gelapnya yang sering menggunakan teknik postmodern serta elemen fantasi dan fiksi ilmiah untuk menyoroti kengerian dan ironi peradaban di abad ke-20. 

Banyak dari karya Vonnegut ditandai oleh keadaan dunia yang pada dasarnya fatalistik yang menganut kepercayaan humanis modern.

Vonnegut dibesarkan di Indianapolis dalam keluarga kaya raya, meskipun ayahnya seorang arsitek, dia menganggur selama masa Depresi Hebat (Great Depression). 

Semasa remaja, Vonnegut menulis untuk surat kabar di sekolah menengahnya, dan ia melanjutkan pendidikan di Universitas Cornell di Ithaca, New York, dimana ia mengambil jurusan biokimia sebelum pergi untuk mendaftar di Angkatan Udara A.S pada tahun 1943. Ditangkap oleh Jerman selama Perang Dunia II, ia adalah salah satu korban selamat dari penembakan di Dresden, Jerman, pada bulan Februari 1945. 

Setelah perang, Vonnegut mengambil kuliah pascasarjana dalam bidang antropologi di Universitas Chicago saat bekerja sebagai reporter. Dia kemudian dipekerjakan sebagai penulis hubungan masyarakat di New York bagian utara, tetapi keraguannya tentang apa yang dia anggap sebagai tipu daya dari profesinya telah menuntunnya untuk mengejar karir dalam kepenulisan fiksi penuh waktu.

Pada awal 1950-an, Vonnegut mulai menerbitkan beberapa cerita pendek. Banyak dari cerita tersebut yang berfokus pada teknologi dan masa depan, yang membuat para kritikus mengklasifikasikan dirinya sebagai penulis fiksi ilmiah, meskipun ia menolak label tersebut. 

Novel pertamanya, Player Piano (1952), menguraikan tema-tema teknologi dan masa depan, memvisualisasikan masyarakat yang sepenuhnya mekanis dan otomatis yang efek dehumanisasinya tidak berhasil ditentang oleh para ilmuwan dan pekerja di kota industri New York. 

Untuk novel keduanya, The Sirens of Titan (1959), Vonnegut membayangkan sebuah skenario di mana seluruh sejarah umat manusia dianggap sebagai petugas kecelakaan di planet asing yang mencari suku cadang untuk pesawat ruang angkasa.

Vonnegut meninggalkan kiasan fiksi ilmiah sepenuhnya di novel Mother Night (1961; film 1996), sebuah novel tentang penulis naskah drama Amerika yang berperan sebagai mata-mata di Nazi Jerman. 

Dalam novel Cat’s Cradle (1963) beberapa penduduk pulau Karibia, yang mempraktikkan agama yang terdiri dari hal-hal sepele yang tidak berbahaya, bersentuhan dengan zat yang ditemukan oleh ilmuwan atom yang pada akhirnya menghancurkan semua kehidupan di Bumi. (Pada tahun 1963, Universitas Chicago memberikan Vonnegut gelar magister dalam antropologi setelah ia menyerahkan Cat’s Cradle sebagai tesis.) 

Novelnya sangat signifikan dalam pengembangannya dengan menggunakan suara kasar dan sopan yang terus-menerus meminta perhatian pada kecerdasannya sendiri; gaya “metafictional” yang serupa akan menjadi karakteristik sebagian besar karya Vonnegut selanjutnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline