Lihat ke Halaman Asli

Rizal Bahtiar

Mahasiswa

Mata Air Senjoyo sebagai Destinasi Wisata di Salatiga

Diperbarui: 9 Maret 2023   07:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mata air Senjoyo merupakan salah satu tempat wisata yang ada di sekitaraan kota Salatiga. Berlokasi di desa Tegalwaton, kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Tempat wisata ini sering di kunjungi oleh masyarakat di sekitaran salatiga. Disana selain sebagai tempat wisata, di situ juga biasa digunakan sebagai tempat religius untuk menghormati para leluhur. 

Sebagian masyarakat disekitar Mata Air Senjoyo mempercayai bahwa ketika berendam di mata air tersebut dapat mendatangkan keberkahan dan dapat menghilangkan aura negative yang ada di tubuh. Disana juga di gunakan sebagai tempat mengenang sejarah, yaitu terdapat bekas reruntuhan batu candi.

Mata Air Senjoyo tidak dipungut biaya masuk, namun pengunjung hanya membayar biaya parkir saja, sejumlah 3.000 untuk kendaraan beroda dua dan 5.000 untuk kendaraan beroda empat. Namun untuk akses jalan di senjoyo masih terbilang kurang bagus, mungkin karena kurangnya penanganan di sana.

Wisata alam ini juga menyediakan berbagai fasilitas dan wahana permainan disana, seperti tempat parkir, toilet, tempat ibadah, gazebo, warung, spot-spot foto yang menarik, kolam ikan yang cantik, kolam pemandian yang jernih, wahana perahu bebek yang di bandrol 15.000 per orang dengan opsi sepuasnya,  area bermain anak-anak seperti pemandian bola yang dibandrol 10.000 per orang, dan prosotan.

dokpri

selain dijadikan tenpat swafoto, disana juga  bisa berinteraksi dengan ikan yang ada dikolam ikan terseebut dan berenang atau berendam di mata airnya yang jernih dan dapat menikmati kemurnian air kolam yang menyegarkan. Di sana juga terdapat peninggalan sejarah berupa relief kuno yaang dianggap membawa berkah. 

dokpri

di mata air Senjoyo juga terdapat peraturan-peraturan yang harus di taati oleh pengunjung seperti menjaga kebersihan, buang sampah ditempatnya, menjaga attitude dan sopan santun di sekitar Mata Air Senjoyo. Serta terdapat larangan larangan bagi pengunjung untuk tidak membawa minuman keras, berjudi, berbicara kotor serta mengambil barang-barang yang berada di sekitaran tempat wisata tersebut dalam bentuk apapun. 

Selain digunakan sebagai tempat wisata, Mata Air Senjoyo juga digunakan untuk para siswa siswi yang berkemah di Bumi Perkemahan, yang lokasinya berada di samping tempat wisata Mata Air Senjoyo. Biasanya siswa siswi tersebut pergi ke Mata Air Senjoyo sekedar untuk mandi, berenang. Wisatawan yang berkunjung ke Mata Air Senjoyosangat ramai, apalagi pada saat hari libur atau hari minggu akan padat dengan pengunjung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline