Lihat ke Halaman Asli

Memet Casmat

Dosen/Menulis beberapa jurnal, novel dan karya ilmiah lainnya

Guru Menjadi Panutan bagi Murid-muridnya

Diperbarui: 13 Desember 2022   16:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sahabat guru, hanya berbekal ilmu pengetahuan yang tinggi saja tidak cukup untuk menjadi guru. Perlu ada komitmen yang kuat, sikap penuh cinta kasih dan sabar dalam mengajar dan mendidik adalah menjadi sesuatu yang harus dimiliki oleh seorang guru

Guru yang baik, perkataan dan tingkah lakunya harus menjadi panutan dan teladan bagi murid-muridnya. Karena tugas guru tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja, tetapi harus mendidik moral dan etika murid, agar selain menjadi pribadi yang pintar dalam ilmu pengetahuan, juga mempunyai sikap dan karakter yang baik.

Karena seorang guru adalah pioneer perubahan, yang mempunyai tugas dan peran sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjaga adab murid-muridnya. Keteladanan seorang guru sangat penting sebagai syarat suksesnya Pendidikan, guru harus bersungguh-sungguh menjadi pendidik yang mampu memberikan keteladanan, bukan sekedar menjadi pengajar.

Guru sebagai pendidik, tugas utamanya mengajar, memiliki karakteristik kepribadian yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik.Kepribadian yang baik dari sosok seorang guru akan memberikan teladan yang baik juga terhadap anak didik maupun masyarakatnya, sehingga guru tampil sebagai sosok yang patut ditiru oleh siapapun.

Selamat menjadi guru panutan bagi murid-muridnya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline