Lihat ke Halaman Asli

Hubungan Masyarakat sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Dalam konteks ini saya akan mengemukakan hubungan masyrakat sebagai peningkatan mutu pendidikan. Dimana masyarakat disini adalah orangtua,penduduk sekitar,guru, kepala sekolah maupun komite-komite yang ada disekolah tetapi lebih mengkhususkan kepada orangtua itu sendiri. Sudah jelas ketika anaknya memasuki sekolah,orangtua sangatlah menginginkan anaknya dapat berprestasi disekolahnya. Secara singkat sudah jelas dikemukakan bahwa kebutuhan masyrakat itu sendiri adalah penyelenggaraan dan pelayan proses belajar mengajar yang berkualitas pula. Dengan tuntutan demikian akan menjadi beban bagi sekolah, dengan segala keterbatasan yang dimilikinya ( tenaga,biaya, waktu dan sebagainya)

Pengertian diatas secara tidak langsung mengemukakan bahwa pelaksanaan hubungan masyrakat tidak menunggu adanya permintaan masyarakat, tetapi sekolah berusaha secara aktif, serta mengambil inisiatif untuk melakukan berbagai aktivitas agar tercipta hubungan kerjasama harmonis.

Hal terpenting dalam hubungan masyarakat adalah adanya informasi yang diberikan kepada masyarakat yang dampaknya dapat merubah sikap dan tindakan masyarakat terhadap pendidikan serta masyarakat memberikan sesuatu untuk perbaika pendidikan.

Hal ini mendasar bahwa sekolah perlu memiliki visi dan misi serta program kerja yang jelas, agar masyarakat memahami apa yang ingin dicapai oleh sekolah dan masalah/kendala yang dihadapi sekolah mencapai tujuan, melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh sekolah. Disini saya pun akan menjelaskan pentingnya akan hubungan masyrakat dengan sekolah :

a. Masyrakat/orangtua murid dan stakeholders lainnya akan mengerti dengan jelas tentang visi,misi tujuan dan program kerja sekolah, kemajuan sekolah beserta masalah-masalha yang dihadapi sekolah secara lengkap,akurat dan jelas.

b. Masyarakat/orangtua murid dan stakeholders lainnya akan mengetahui persoalan-persoalan yang dihadapi atau mungkin dihadapi sekolah dalam mencapai tujuan yang diinginkan sekolah. Denagn demikian mereka dapat melihat secara jelas dimana mereka dapat berpartisipasi untuk membantu sekolah.

c. Sekolah akan mengenal secara mendalam latar belakang,keinginan dan harapan-harapan masyarakat terhadap sekolah. Pengenalan harapan masyarakat dan orangtua murid terhadap sekolah, khususnya sekolah merupakan unsur penting guna menumbuhkan dukungan yang kuat dari masyarakat. Apabila hal ini tercipta, maka sikap apatis, acuh tak acuh dan masa bodoh masyarakat akan hilang

Adapun tujuan hubungan sekolah dengan masyarakat, yaitu :

a. Untuk memperoleh bantuan dari orangtua murid/masyarakat

b. Untuk memajukan program pendidikan

c. Untuk mengembangkan kebersamaan dan kerjasama yang erat, sehingga segala permasalahn dan lain-lain dapat dilakukan secara bersama dan dalam waktu yang tepat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline