Lihat ke Halaman Asli

Melysa Noviana

Pelajar/Mahasiswa

Bantu Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi, Mahasiswa KKN UNS Lakukan Sosialisasi Manajemen Keuangan

Diperbarui: 24 Agustus 2022   14:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaaan Sosialisasi Manajemen Keuangan di Kepatihan Wetan, Jebres. Foto: Dokumen pribadi

Pandemi Covid-19 yang terjadi selama 2 tahun telah melumpuhkan berbagai sektor kehidupan. Adanya PSBB atau Pembatasan Sosial Bersakala Besar yang dilakukan pemerintah sebagai upaya menghambat laju penyebaran virus, membuat ruang gerak masyarakat menjadi terbatas. Ekonomi adalah sektor yang paling terdampak. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena perusahaan melakukan pengurangan karyawan atau PHK. Hal ini tentunya menambah angka pengangguran. Kondisi ekonomi di tengah pandemi pun semakin sulit. Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk memulihkan kondisi ekonomi pasca pandemi. Tidak hanya pemerintah, perguruan tinggi juga turut berkontribusi melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), seperti yang dilakukan salah satu kelompok KKN UNS, yakni kelompok 37. 

Dalam rangka membantu memperbaiki kondisi ekonomi pasca pandemi, kelompok 37 KKN UNS mengadakan sosialisasi manajemen keuangan pada Jum`at, 12 Agustus 2022 bertempat di Pendopo Kelurahan Kepatihan Wetan, Jebres, Surakarta. Kegiatan yang dimulai pukul 19.45 tersebut, dihadiri Lurah Kepatihan Wetan, dan sejumlah tokoh masyarakat. Acara yang digelar bersamaan dengan sosialisasi stunting ini menghadirkan Duta Genre Surakarta 2021, Muhammad Muklis Cahyadi dan Triana Rahmawati selaku owner of  @humiessentialoil dan @givo.id sebagai narasumber. Dalam kesempatan tersebut Triana menyampaikan tentang pentingnya mengelola keuangan dan cara berinvestasi, bagi masyarakat dan mahasiswa. Triana juga menambahkan bahwa hal terpenting dari investasi adalah investasi otak, karena jangan pernah menyelesaikan sesuatu dengan uang, karena manusia punya sosial, kemampuan kultural, dan spiritual. 

Acara yang diselenggarakan berjalan lancar, masyarakat yang hadir terlihat begitu antusias dalam mengikuti jalannya acara. Masyarakat juga memberikan respon postif kepada pembicara. Harapannya dengan adanya kegiatan ini mampu membuat masyarakat melek finansial dan cerdas mengatur keuangan dalam rumah tangga demi terwujudnya keluarga sejahtera, karena sesuatu yang terarah berasal dari perencanaan yang baik. Investasi juga memberikan manfaat keuangan jangka panjang di masa yang akan datang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline