Lihat ke Halaman Asli

Melysa Haryanti

Universitas Riau

Mahasiswa Kukerta UNRI Revitalisasi Perpustakaan dan Aktifkan Pojok Baca Sekolah di Desa Terpencil Kabupaten Indragiri Hilir

Diperbarui: 10 Agustus 2024   02:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN REGULER UNRI DESA KAYU RAJA 2024

Indragiri Hilir, 09 Agustus 2024 --- Dalam upaya meningkatkan akses pendidikan dan literasi di daerah terpencil, sekelompok mahasiswa dari Universitas Riau (UNRI) yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Desa Kayu Raja Kecamatan Keritang telah berhasil merevitalisasi perpustakaan dan mengaktifkan pojok baca di sebuah sekolah di desa terpencil di Kabupaten Indragiri Hilir.

Pojok baca merupakan satu diantara sarana penting dalam menyediakan akses literasi bagi siswa-siswi sekolah dasar. Keberadaan pojok baca dapat memberikan dampak positif yang signifikan, seperti meningkatkan minat baca, memperluas pengetahuan, mengembangkan cara berpikir dan mendukung perkembangan keterampilan literasi. Oleh karena itu, revitalisasi perpustakaan dan pengaktifan pojok baca di sekolah dasar menjadi langkah strategis untuk mendukung pendidikan di sekolah dasar khususnya di daerah-daerah yang sedang berkembang.

Kegiatan ini bagian dari program pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa UNRI dengan tujuan untuk memberikan kontribusi positif dalam pengembangan sumber daya manusia di wilayah sedang berkembang. Pojok baca yang diaktifkan oleh mahasiswa KUKERTA ini terletak di SDN 37 Kotabaru Reteh, sebuah sekolah yang berada di Desa Kayu Raja Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir.

KKN REGULER UNRI DESA KAYU RAJA 2024

Sebagai bagian dari revitalisasi, mahasiswa KUKERTA melakukan berbagai perbaikan dan penataan ulang di perpustakaan sekolah. Mahasiswa membersihkan ruangan dan buku-buku yang ada di perpustakaan, mendekorasi dengan tema-tema edukatif, serta melengkapi pojok baca dengan koleksi buku-buku bacaan yang bervariasi. 

Buku-buku tersebut mencakup berbagai genre, dari cerita anak-anak hingga buku pengetahuan umum, yang diharapkan dapat memicu minat baca siswa-siswi. Revitalisasi ini dilakukan guna meningkatkan minat baca siswa-siswi SDN 037 Kotabaru Reteh, dengan adanya tempat yang nyaman dan indah bisa membuat siswa-siswi nyaman dalam melakukan kegiatan membaca mereka, tidak hanya mengubah tempat tetapi juga diadakannya pendataan buku yang dibaca oleh siswa-siswi agar bisa di kompetisikan siapa yang paling banyak membaca. Itu semua dilakukan untuk meningkatkan minat baca para murid.

KKN REGULER UNRI DESA KAYU RAJA 2024

Setelah revitalisasi perpustakaan dan pojok baca selesai, aktivitas perpustakaan sudah dapat berjalan dengan baik dan perpustakaan dapat dimanfaatkan secara optimal. Untuk meningkatkan minat baca siswa-siswi SDN 37 Kotabaru Reteh, langkah yang diambil adalah dengan mengadakan kompetisi di perpustakaan agar siswa-siswi yang paling aktif akan mendapatkan hadiah, Penulis berharap kompetisi ini dapat mendorong peningkatan minat baca, mengingat pengalaman serupa yang dilakukan oleh rekan-rekan KUKERTA UNRI semasa mereka duduk di bangku sekolah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline