Lihat ke Halaman Asli

Menjadikan Kegagalan sebagai Motivasi untuk Kesuksesan

Diperbarui: 8 Juli 2018   02:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(elearn.id)

Pada dewasa ini, manusia sering sekali berusaha untuk menggapai cita-citanya. Entah dengan cara apa, mereka akan berusaha demi cita-cita itu terwujud. Namun, halangan dan rintangan datang silih berganti saat manusia harus mencapai cita-citanya. Pada dasarnya, setiap manusia diciptakan pantang menyerah sehingga mereka terus berjuang walaupun ada badai sekalipun ada didepan mereka.

Tapi, ada juga manusia yang menyerah saat mereka menemui kegagalan dan menghempaskan mimpi mereka begitu saja, lalu berhenti. Padahal, mereka masih memilki kesempatan terbuka didepan mereka, namun karena gagal mereka memutuskan untuk tidak mengejar mimpi tersebut.

Melalui artikel ini, saya ingin membagikan kisah yang saya jadikan pembelajaran selama masa kehidupan saya. Dimana saya berada di titik terendah dari kehidupan saya dan hampir menyerah pada kehidupan. Bagaimana cara saya agar suatu tekanan yang terjadi di kehidupan saya, saya jadikan cambuk agar menjadi lebih baik. Saya amat sangat terpukul saat saya mendapati kegagalan fatal yang saya alami ini, hingga saya hampir frustasi.

Saya akui, tidaklah mudah sebenarnya menerima kegagalan dengan lapang dada, namun saya berusaha. Setidaknya kegagalan saya adalah konsekuensi yang saya dapatkan atas kinerja saya yang tidak baik. Bukannya menjadikan kegagalan sebagai penyesalan, saya menjadikannya motivasi "Saya tidak boleh seperti itu lagi". Dan hingga hari ini saya tidak pernah lupa akan kegagalan saya itu dan terus membagikan cerita saya ke semua orang dan berharap agar mereka terus termotivasi.

Berikut cara agar kita dapat menjadikan kegagalan sebagai motivasi untuk kedepannya :

Jangan mudah menyerah

Hal ini lah yang seringkali membuat manusia kehilangan asa untuk meraih mimpimya. Dimana manusia berhenti untuk terus berjuang demi apa yang ia cita-citakan. Sehingga menyerah menjadi salah satu faktor kegagalan manusia dalam menghadapi rintangan yang harusnya ia hadapi

Jadikan kegagalan sebagai motivasi

Saya pernah mengutip perkataan orang lain yaitu "Kesuksesan adalah 99% kegagalan". Menurut saya, perkataan ini adalah benar. Karena jalan menuju kesuksesan bukanlah jalan yang mudah, kita harus melewati banyak kegagalan dan cobaan untuk meraih kesuksesan. Dan menjadikan kegagalan sebagai motivasi adalah kunci dimana kesuksesan itu berada.

Jangan berlarut menyesali diri

Terkadang saat kita gagal, kita sering kali menyesali diri mengapa hal tersebut harus terjadi. Padahal hal ini adalah tindakan paling tidak bijaksana yang dilakukan oleh seseorang untuk menggapai mimpinya. Seringkali, manusia berlarut-larut menyesali nasib sehingga ia pun tidak lagi memiliki gairah  untuk melanjutkan asanya. Padahal ia masih memiliki kesempatan yang dapat ia manfaatkan kedepannya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline