Lihat ke Halaman Asli

Mellyta Tri

Mahasiswa

Pembuatan Katalog Produk dan Pemanfaatan Media WhatsApp sebagai Media Promosi dan Pemasaran

Diperbarui: 24 Agustus 2021   06:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

PEMBUATAN KATALOG PRODUK DAN PEMANFAATAN  MEDIA WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PEMASARAN

Katalog produk sudah menjadi hal yang biasa dalam bidang penjualan, tetapi semenjak adanya pandemi covid 19 saat ini katalog produk menjadi hal yang dibutuhkan penjual untuk mempromosikan produknya. Penggunaan katalog dianggap mempermudah dalam promosi calon pembeli pun dapat melihat terlebih dahulu mengenai produk yang akan dibelinya.

Pemilik usaha UMKM atau pun usaha online merasakan sulitnya menjualkan produknya dikarenakan banyak store yang biasanya menjadi pelanggan menutup sementara  store tersebut, sehingga pemilik Usaha harus menjualankan produknya sendiri.

Melalui Program KKNT UNISRI 2021 yang dilaksanakan di desa Lempong Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar, Mellyta Tri Puji Astutik mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UNISRI dengan dosen pembimbing lapangan Nur Endah Fajar H. S.E M.Ak  Melakukan pendampingan pembuatan katalog produk dan pemasaran melalui whatsApp  dengan pemilik UMKM di desa Lempong ( 19/8)

Dalam program tersebut mahasiswa dan pemilik UMKM membuat katalog dari produk unggulan tersebut, dengan pemanfaatan aplikasi Canva pemilik UMKM merasa senang dapat membuat katalog produknya semenarik mungkin sesuai yang diinginkan. 

Dengan produk yang sudah dimiliki membuat katalog produk dirasa menjadi strategi baru dalam promosi usaha saat ini. Dengan adanya program ini diharapkan pelaku usaha menjadi kreatif dalam melakukan promosi dan pemasaran dengan media yang mudah di aplikasikan 

Selanjutnya Mahasiswa  melaksanakan kegiatan pendampingan Penggunaan media whatApp sebagai media promosi dan pemasaran.  Media whatsApp dirasa sangat strategis dikarenakan banyaknya penggunaan aplikasi tersebut. 

Dengan melakukan sasaran penjualan melalui pembuatan grub whatsApp yang beranggotakan Ibu ibu dan remaja, serta melakukan posting hasil pembutan katalog produk tersebut dengan waktu yang dijadwalkan. 

Strategi tersebut dilakukan untuk menghindari rasa bosan dari anggota grub karena terlalu sering melakukan postingan promosi, dengan harapan melakukan strategi penjadwalkan postingan promosi dapat menjadikan konsumen tertarik dengan produk yang di promosikan 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline