Lihat ke Halaman Asli

MELLYSA ISNAINI

Mahasiswa Magister Administrasi Publik

Menelusuri Jejak Pengabdian: EPNU Unisma Malang di Desa Sembalun Bumbung, Lombok

Diperbarui: 17 Agustus 2024   20:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Tim Media EPNU 2

Mengusung semangat bertajuk "Ubah Niat Baik, Jadi Aksi Baik", Program Ekspedisi Pelajar Nusantara (EPNU) ke-2 berkunjung ke Desa Sembalun Bumbung, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini berlangsung menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-79 dari tanggal 10 Agustus hingga 18 Agustus 2024 bertujuan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat setempat.

Dalam rangka menerapkan prinsip pengabdian masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, organisasi ekstra kampus Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama' (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Malang (UNISMA) telah meluncurkan serangkaian kegiatan yang berfokus pada tiga bidang utama: Pendidikan, Kesehatan Lingkungan, dan Media Kreatif. Kegiatan ini melibatkan 20 delegasi dan 9 fasilitator yang bekerja sama untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan program-program tersebut.

Pada bidang pendidikan, kegiatannya mencakup pengajaran di dua sekolah, yaitu SDN Sembalun 01 dan MTS Nahdlatul Wathan. Program yang dijalankan berkolaborasi dengan bidang kesehatan lingkungan yaitu, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), pohon harapan cita-cita, pengajaran pendidikan Quran, edukasi kesehatan gigi dan cuci tangan, serta membuang sampah pada tempatnya. Selanjutnya, kegiatan karnaval diadakan dengan mengangkat adat masing-masing suku bertujuan untuk meningkatkan semangat, pengetahuan, dan keterampilan warga Sembalun dalam melestarikan kebudayaan dan tradisi lokal. Pawai budaya dan pertunjukan pakaian adat oleh siswa-siswi dari TK, SD, dan SMP, turut memeriahkan acara dengan kreativitas pengelolaan sampah.

Memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-79, Sabtu (17/08/2024), Kecamatan Sembalun menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dengan penuh khidmat. Acara ini dipimpin oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc. dan dihadiri langsung Pak Sunardi selaku Kepala Desa Sembalun Bumbung, serta masyarakat setempat yang antusias merayakan hari kemerdekaan. Pada momen ini tidak hanya menjadi ajang untuk mengenang perjuangan para pahlawan, tetapi juga sebagai momen untuk mempererat rasa kebangsaan dan persatuan diantara warga. Semangat kemerdekaan 45, menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus melanjutkan cita-cita bangsa.

Adapun peran penting bidang media kreatif adalah mempromosikan pengabdian EPNU berlatar keindahan Desa Sembalun Bumbung yang menawan di kaki Gunung Rinjani, Lombok. Upaya ini tidak hanya menampilkan pesona lokal, tetapi juga menghubungkan Desa Sembalun Bumbung dengan audiens yang lebih luas, memperkuat kesadaran dan apresiasi terhadap kekayaan budaya dan alamnya. Keberlangsungan program EPNU ke-2 tidak lepas dari dukungan dan peran serta dari berbagai pihak, termasuk Pascasarjana UNISMA, Bhakti Millennial Group, Sportif Masson, Pabrik Gula Kebon Agung, Livoc Product Indonesia, dan Toko Andi. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, sehingga program ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline