Lihat ke Halaman Asli

Nikmati Pedasnya "PELECING", Makanan Khas Lombok

Diperbarui: 17 Juni 2015   13:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1420873480276126743

Berbicara kuliner, siapa yang tidak tertarik?
Di Negara kita Indonesia jenis kuliner sudah beragam banyaknya. Baik itu manis , asem, asin, maupun pedas. Jenis kuliner ini tentu bermacam-macam karena terdapat beragam pulau dan daerah di Indonesia. Hampir seluruh pulau atau daerah mmiliki kuliner masing-masing. Bagaimana dengan pulau yang kecil ini?
Pulau Lombok, pulau yang terlihat sangat kecil di bandingkan dengan pulau-pulau yang lainnya. Pulau yang terkenal tak kalah indahnya dengan pulau bali ini memiliki makanan atau kuliner khasnya sendiri, namanya “Pelecing Kangkung”.
Sebelumnya, apakah anda sudah mendengar nama kuliner ini??

Pelecing kangkung adalah jenis makanan yang terkenal dengan rasanya yang pedas. Mengapa tidak? Sebab makanan ini tidak menggunakan bumbu matang menjadi sambalnya, tetapi menggunakan sambal mentah. Makanan ini sangat sederhana, karena dapat dibuat sekurang-kurangnya hanya dengan sayur kangkung saja. Dalam proses pembuatannya juga tidak begitu rumit akan tetapi sangat simple dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahan yang dibutuhkan pada pembuatan pelcing kangkung dapat diatur sesuai selera. Namun biasanya pelecing kangkung di Lombok menggunakan bahan-bahan seperti  kangkung, kacang panjang, taoge, kol, dan mentimun. Cara pembuatannya yang sederhana tidak membuat kita berpikir panjang untuk membuat masakan ini.  Begitu juga dengan biayanya yang murah.
Di pulau Lombok makanan ini sudah biasa dibuat sebagai menu makannya. Namun, pelecing kangkung akan lebih nikmat jika di makan sebagai santap siang. Apalagi jika bepergian atau berekreasi ke suatu tempat, baik pemandian,pantai dan sebagainya, pelecing kangkung adalah pilihan yang tepat.
Bumbu atau sambal yang sederhana ini juga tidak akan merepotkan jika kita membuat pelecing kangkung. Cukup dengan mencampur bahan-bahan secukupnya seperti cabai, garam, terasi, penyedap rasa, dan tomat. Bumbu pelecing kangkung ini sendiri di Lombok dikenal dengan sebutan “beberok”.
Harga dari pelecing kangkung baik yang mentah maupun yang sudah jadi juga tidak tergolong mahal, justru sangat murah. Untuk pelecing kangkung yang sudah jadi dan siap santap hanya berkisar antara dua ribu rupiahhingga lima ribu rupiah dilengkapi dengan ketupat atau lontong. Untuk menambah kenikmatan pelecing kangkung ini juga bisa ditambahkan kacang goreng untuk mencampurnya. Kenikmatan pelecing kangkung tidak akan hilang di lidah dan tidak akan membuat kita untuk jera memakannya.
Namun, pelecing kangkung tidak akan ertahan lama. Artinya akan lebih nikmat jika langsung dimakan, karena terbuat dari bumbu yang mentah.
Bentuk dari kangkungnya sendiri sangat unik. Jika biasanya pada lotek atau pecel  kangkungnya dipotong pendek-pendek, pada pelecing kangkung tidak. Kangungnya hanya di belah menjadi bebrapa bagian dengan menggunakan tangan dalam bentuk yang panjang setelah dimasak. Kemudian disajikan pada wadah seperti piring atau nampan, sehingga akan kesulitan jika memakannya dengan sendok dan garpu. Kenikmatan pelecing kangkung akan semakin terasa jika memakannya dengan tangan. Biasanya pelecing kangkung tersedia di lesehan atau warung-warung. Jadi, sangat mudah untuk menemukan kuliner ini baik yang sudah siap makan maupun mentah di pulau Lombok.
Begitulah salah satu makanan khas di pulau yang kecil ini. Dikenal dengan rasanya yang pedas. Sama seperti pulau-pulau lain yang memiliki ciri khas kuliner tersendiri. Sudah sepatutnya kita berbangga terhadap negeri ini dengan keaneka ragamannya baik dalam segi kuliner, budaya, dan lain sebagainya. Semoga kita sebagai bangsa yang baik bias menjaga dan melestarikan keberagaman yang dimiliki Negara Indonesia tercinta ini .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline