Lihat ke Halaman Asli

Mellyadonna Rizki

Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Jember

KKN BTV III UNEJ: Dampingi Peternak Ayam Petelur Memaksimalkan Pendapatan di Masa Pandemi

Diperbarui: 8 September 2021   23:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Sudah lebih dari setahun sejak wabah pertama COVID-19, pada Desember 2019. Namun kasus COVID-19 terus meningkat di negara-negara di seluruh dunia karena mereka menghadapi peningkatan penyebaran, varian yang lebih menular, dan peluncuran dan pendistribusian vaksin yang lambat.

Pada 9 Agustus, Indonesia memiliki tingkat kematian COVID-19 sebesar 392 per juta, menjadi salah satu yang tertinggi di kawasan Asia. Tidak hanya korban jiwa, Pandemi COVID-19 ini juga menyebabkan kehancuran ekonomi yang meluas. Dampak ekonomi dari pandemi bervariasi dari satu tempat ke tempat lain, dari tutupnya perusahaan besar hingga UMKM yang gulung tikar. Hal ini juga dirasakan oleh peternak telur ayam

Peternakan Ayam Telur Emas adalah salah satu UMKM yang terdampak Covid-19, berlokasi di Jl. Projodiharjo, Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Musim pandemi membuat penjualan produk dari peternakan ayam Telur Emas mengalami penurunan. Banyak faktor yang menyebabkan penurunan ini. 

Mulai dari harga telur yang tidak stabil hingga banyaknya pemilik toko yang terpapar virus yang mengharuskan mereka menutup tokonya sementara. Ditambah lagi pemilik peternakan yang kurang menguasai bagaimana cara menggunakan social media sebagai alat untuk menerapkan digital marketing menyebabkan penjualan produk sulit naik kembali. Sementara harga telur tidak stabil, harga ayam afkir pun hanya mampu dijual setengah harga.

Agar dapat mengatasi masalah-masalah yang disebutkan tadi, saya mahasiswi Universitas Jember atas nama Mellyadonna yang saat ini sedang melaksanakan program KKN BTV III di bawah bimbingan Bapak Suharto, S.S., M.A. akan berbagi pengetahuan dan ilmu yang telah saya peroleh semasa saya kuliah pada program studi manajemen. 

Kegiatan KKN BTV III ini akan diselenggarakan sejak tanggal 11 Agustus 2021 hingga 09 September 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang cara melakukan manajemen yang baik, digital marketing melalui media sosial serta cara melakukan inovasi produk sehingga dapat membuka peluang usaha.

Guna mengatasi masalah  dan mencapai tujuan yang telah diuraikan di atas, maka tersusun program kerja sebagai berikut:

  1. Menerapkan digital marketing yang lebih luas
  2. Memperbarui metode pencatatan sehingga lebih detail dan jelas
  3. Membuat produk baru dari ayam afkir untuk menaikkan nilai jual

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline