Lihat ke Halaman Asli

5 Fakta tentang Penyakit Asam Lambung

Diperbarui: 25 November 2021   09:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Asam lambung tinggi atau refluks asam lambung adalah penyakit dengan gejala sakit nyeri pada lambung dan sensasi terbakar dalam lambung. Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bahkan, lanjut usia juga bisa terkena. 

Asam lambung yang berlebihan dapat disebabkan oleh stres, pola makan yang tidak teratur, jam makan terlambat, dan makanan-makanan tertentu yang bisa meningkatkan produksi asam lambung. 

Ada beberapa fakta terkait penyakit asam lambung atau GERD yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan.

Berikut beberapa fakta yang banyak dipertanyakan pada penyakit asam lambung dari beberapa sumber, yaitu:

  1. Samakah Asam Lambung dengan Maag?

Fakta: Asam lambung berbeda dengan penyakit maag. Keduanya berkaitan dengan asam lambung. Namun pada asam lambung tinggi, asam naik sampai di kerongkongan dan gejalanya adalah sensasi terbakar yang terasa di dada. Sedangkan, maag merupakan peradangan pada lambung. 

Penyakit asam lambung adalah penyakit yang disebabkan oleh naiknya asam lambung di kerongkongan sehingga menimbulkan berbagai gejala dan komplikasi. Oleh karena itu, ini berbeda dengan penyakit maag. Ini adalah gangguan asam lambung yang naik ke kerongkongan dan menimbulkan gejala.

  1. Bisakah asam lambung berkembang menjadi kanker?

Fakta: Kurang dari 1 persen kasus penyakit asam lambung atau GERD dapat berkembang menjadi kanker. Ini terjadi dalam jangka panjang karena GERD tidak ditangani dengan benar. Tetapi, kasus ini sangat langka di Indonesia.

  1. Apakah asam lambung merupakan penyakit keturunan?

Fakta: Faktor genetik tidak berperan penting dalam penyakit refluks asam atau GERD. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti obesitas dan merokok adalah faktor utama yang meningkatkan risiko terkena asam lambung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline