Understanding by Design atau biasa dikenal sebagai (UbD) adalah sebuah kerangka kerja untuk perencanaan pembelajaran yang dikembangkan oleh Grant Wiggins dan Jay McTighe. Pendekatan ini berfokus pada merancang pembelajaran dengan hasil akhir yang jelas dalam pikiran, yang bertujuan untuk memastikan bahwa siswa tidak hanya menguasai informasi atau keterampilan, tetapi juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep utama. Prinsip UbD dimulai dengan menentukan tujuan pembelajaran yang jelas dan tepat setelah merancang kegiatan dengan tugas-tugas autentik yang mampu menuntut siswa untuk menunjukan pemahaman mereka terhadap materi yang telah dipelajari dan akhirnya mengembangkan instrument penilaian yang sejalan dengan tujuan dari pembelajaran.
Pendekatan UbD (Understanding by Design) memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir yang kritis dan kraetif karena pada pendekatan ini dirancang agar memperkuat pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan dikuasai. Lebih tepatnya penerapan prinsip ini dalam perencanaan pembelajaran dapat mendorong peserta didik untuk mampu berpikir kritis seperti menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan pemahaman tertentu dari konsep yang sudah dipahami.
Dalam penerapan UbD terdapat manfaat yang cukup berdampak terhadap capaian pembelajaran peserta didik yaitu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik, meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan menumbuhkan motivasi belajar peserta didik itu sendiri. Tentu saja dengan hal ini diketahui bahwa penerapan prinsip UbD ini cocok dengan materi tujuan Pembelajaran HOTS seperti menerapkan Teorema Phytagoras untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Dalam prakteknya terdapat tantangan yang harus dilalui oleh seorang pendidik seperti pengetahuan yang mumpuni tentang prinsip UbD agar pembuatan Langkah-langkah pembelajaran lebih menyenangkan dan dapat diterapkan di tempat mereka mengajar. Solusi untuk tantangan tersebut adalah rasa semangat dari guru itu sendiri untuk menambah pengetahuan mereka melalui pembelajaran mandiri yang sekarang tersebar luas di Platform PMM yang mudah diakses kapanpun dan rutin melaksanakan diskusi Bersama kepala sekolah dan rekan sejawat guna menemukan metode dan stategi yang lebih akurat. Demikianlah hasil telaah dari penerapan prinsip Pendekatan UbD (Understanding by Design) dalam perencanaan sebuah pembelajaran. Semoga kita sebagai guru mampu memberikan pembelajaran terbaik bagi peserta didik kita.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H