Lihat ke Halaman Asli

Melisa

Penulis Lepas untuk Berbagai Merek Populer di Tanah Air

Makan Buah Segar vs Minum Jus, Mana Sih yang Lebih Sehat?

Diperbarui: 21 Maret 2022   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Pixabay

Apakah kamu suka minum jus buah?

Jus buah memang merupakan minuman bergizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, sebenarnya makan buah segar lebih sehat loh daripada minum jus. Jadi, sebaiknya kamu tidak minum jus hanya karena alasan kepraktisan saja, ya.

Setelah menyimak ulasan berikut ini, niscaya kamu jadi lebih termotivasi makan buah segar untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal:

Makan Buah Segar Bikin Kenyang Lebih Lama

Proses menggigit, mengunyah, dan menelan buah ternyata menstimulasi otak sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama. Pengalaman makan tersebut tentu tidak kamu dapatkan ketika minum jus buah. Itulah sebabnya makan buah segar membuatmu kenyang lebih lama sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. 

Selain itu, tubuh juga butuh waktu lebih lama untuk mencerna gula dalam buah bila kamu menyantapnya dalam keadaan segar. Sehingga kandungan gula tidak cepat diserap darah dan tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara drastis.

Buah Segar Mengandung Banyak Serat

Kalau ingin mendapatkan manfaat serat yang maksimal, sebaiknya kamu lebih sering makan buah segar saja. Karena beberapa jenis buah seperti jambu biji dan jeruk sunkist biasanya disaring saat diolah jadi jus buah. Proses penyaringan tersebut membuat kadar serat dalam jus buah berkurang drastis. Padahal, serat itu penting banget loh untuk menyehatkan sistem pencernaan.

Jus Buah Terdiri dari Banyak Tambahan Gula

Coba ingat-ingat bahan apa saja yang kamu tambahkan ketika membuat jus buah. Biasanya bahan tambahan berupa gula, madu, atau kental manis digunakan supaya jus buah makin nikmat. 

Sayangnya, bahan-bahan tersebut bikin kandungan gula dalam jus buah meningkat drastis. Akibatnya, minum jus buah malah berisiko bikin kamu kelebihan asupan kalori. Berbeda dengan makan buah segar tanpa tambahan pemanis yang jelas lebih sehat dan lebih rendah kalori.

Proses Oksidasi Mengurangi Vitamin C dalam Buah

Satu hal lagi yang membuatmu sebaiknya memilih makan buah segar adalah proses jus buah mengurangi vitamin C di dalamnya. Buah yang dibiarkan dalam keadaan terbuka akan mengalami oksidasi yang ditandai dengan perubahan warna jadi cokelat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline