Lihat ke Halaman Asli

Opini Kerusuhan di Malam Ramadhan Cinta Tanah Air

Diperbarui: 11 Mei 2022   23:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Cinta Tanah Air adalah cinta kepada negara tempat kita dilahirkan, dibesarkan, dan memperoleh kehidupan di dalamnya. Kecintaan terhadap Tanah Air ini disebabkan karena dari negara tersebut semua yang kita butuhkan akan kita dapatkan. dan dari negara kita tercinta tersebut ini, yang apabila kita mencintai dengan sepenuh hati maka dengan sendirinya perasaan peduli terhadap sesama akan tumbuh dengan sendirinya. Dan kita juga tidak akan terpengaruh oleh orang orang asing yang mempengaruhi kita dengan tawaran tawaran yang begitu manis Yang dapat merugikan bangsa kita tercinta ini. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari hati sanubari seorang warga negara untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan.Cinta tanah air berarti membela dari segala macam gangguan dan ancaman yang datang dari manapun. Cinta tanah air merupakan rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang tinggi yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang dapat tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negaranya serta mencintai adat dan budaya yang dimiliki oleh bangsanya.

Menurut Suyadi (2013:9) cinta tanah air merupakan sikap dan perilaku yang mencerminkan rasa bangga, setia, peduli dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, budaya, ekonomi, politik dan sebagainya, sehingga tidak akan tergiur dengan tawaran bangsa lain yang dapat merugikan bangsa sendiri. Lebih kongkritnya cinta tanah air adalah suatu perasaan yang timbul dari hati seseorang warga negara untuk mengabdi, memelihara, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan.

Cinta tanah air adalah suatu kasih sayang dan suatu rasa cinta terhadap tempat kelahiran atau tanah airnya. Secara lebih kongkrit makna Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga Negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan. Rasa cinta tanah air biasanya telah mendarah daging dalam suatu individu atau sekolompok orang, cinta tanah air bias dikatakan sebagai cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan,kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap Bahasa, lingkungan fisik, lingkungan sosial, budaya, ekonomi dan politik bangsa. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang sejarah perjuangan bangsa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi sikap cinta tanah air

 Sebagai contoh kecil saja, dimasyarakat masih banyaknya pemuda atau bahkan masih anak dibawah umur yang terlibat tawuran antar desa, seperti halnya saat puasa ramadhan akhir akhir ini banyak remaja remaja Antar desa yang biasa membuat keributan Saat malam hari yang dengan berkedok membangunkan sahur dimasyarakat, namun kenyataannya mereka malah berminum minuman dengan minuman keras oplosan yang menyebabkan keributan masyarakat dan hal tersebut mengakibatkan tawuran antar desa, bahkan hal tersebut bisa terjadi dengan teman sendiri, hal hal seperti ini yang mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar. Bahkan biasanya sampai ada polisi polisi yang berpatroli saat malam hari dan banyak pemuda yang diangkut kekantor polisi untuk dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya yang meresahkan warga sekitar.

Maka hal hal seperti inilah yang akan merenggut rasa cinta tanah air pada diri remaja tersebut, maka kita sebagai mahasiswa dan juga sebagai agen of change atau agen perubahan setidaknya kita menjauhi hal hal kriminal tersebut agar diri kita tidak terjerumus kepada kegiatan kegiatan yang nantinya akan merusak moral serta jati diri kita sebagai bangsa yang baik, apalagi jika kita sebagai mahasiswa yang digadang-gadang menjadi agen perubahan maka kita setidaknya menjadi contoh dimasyarakat dengan berperilaku baik yang mencerminkan kepribadian dari seorang mahasiswa dan tidak ikut ikutan teman teman yang sudah terjerumus kedalam hal hal kriminal, dan kita juga sebisa mungkin untuk menasehati kepada teman teman kita supaya berhenti dari hal hal yang menjadi tindakan kriminal yang akan mengikis rasa cinta tanah air pada diri seseorang, dan apabila seseorang sudah tidak mempunyai rasa cinta tanah air maka mereka sudah tidak mempedulikan hal hal kecil disekitarnya.

Maka diperlukan pemahaman tentang sejarah sejarah bangsa kita kepada remaja remaja, dan masyarakat sekitar supaya lebih mengukuhkan kembali rasa cinta terhadap bangsa kita. Salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air adalah dengan menumbuhkan rasa bangga terhadap tanah air melalaui proses pendidikan di sekolah, akan tetapi bukan hanya sekedar materi mata pelajaran saja atau yang hanya di arahkan pada akademik pelajaran yang mengacu pada kurikulum pemerintah, upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air juga dapat dilakukan melalui lagu-lagu nasional dan lagu daerah yang ada di Indonesia. 

 Rasa bangga terhadap tanah air dapat ditumbuhkan dengan memberikan pengetahuan berbagai nilai-nilai sejarah yang pernah ada, selain itu pesan moral yang ada pada lagu nasional dan lagu daerah dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dari sejak dini yang membuat karakteristik peserta didik menjadi penerus bangsa yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian dan kemandirian serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Manusia terdidik menurut tujuan sistem pendidikan nasional adalah individu yang memiliki jiwa patriotik dan cinta terhadap tanah air, mempunyai semangat kebangssan dan kesadaran pada sejarah perjuangan bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan serta berorientasi untuk masa depan yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945. Sejarah perjuangan bangsa mengandung nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur bangsa perlu terus dipelihara dibina dan dikembangkan dengan memperkuat penghayatan dan pengamalan Pancasila. Memperkokoh, meningkatkan wawasan kebangsaan dan kualitas kehidupan, memperkuat jati diri dan kepribadian bangsa, memperkokoh jiwa persatuan dan kesatuan bangsa menjadi penggerak masyarakat untuk maju dan mandiri serta penggerak bagi terwujudnya cita-cita bangsa. Sekolah mempuyai peran yang sangat besar dalam hal ini, karena sekolah lah yang sangat berperan dalam membentuk karakteristik pribadi generasi muda yang baik, terdidik, mencintai bangsanya sendiri dan berbudi pekerti yang baik.

Jadi, kita sebagai warga negara yang baik harus menjunjung tinggi rasa cinta tanah air didalam diri supaya tidak terpengaruh terhadap hal hal yang nantinya akan merugikan diri sendiri, orang sekitar, maupun bangsa kita sendiri. Karena sejatinya manusia adalah yang dapat berguna bagi Nusa, Bangsa dan Agama, dan kita juga harus mengamalkan sila sila dari Pancasila bukan hanya sekedar menghafal namun tidak mengetahui makna terpenting Pancasila dan tidak pernah mengamalkan sila sila Pancasila. Kita juga sebagai warga negara yang baik berusaha Menggunakan dan mencintai produk buatan Indonesia dengan sepenuh hati. Turut serta mengharumkan nama bangsa, satu di antara caranya dengan berprestasi di bidang yang digeluti.

Disusun oleh Melisa Damayanti (211130001769)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline