Lihat ke Halaman Asli

Melisa

Mahasiswa

KKN Masa Covid-19, Mahasiswa UNS Mengadakan Pendampingan Belajar Anak Usia Dini di Rumah

Diperbarui: 23 Juli 2020   23:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kuliah Kerja Nyata adalah suatu kegiatan intrakulikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Darma dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan KKN biasanya dilaksanakan secara berkelompok. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 ini mahasiswa diharuskan melakukan kegiatan KKN secara individu sesuai dengan domisili tempat tinggalnya saat ini.

Dalam pelaksanaan kegiatan KKN secara individu ini, Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta telah melaksanakan kegiatan "Relawan Pendidikan Tanggap Covid-19 melalui kegiatan Pendampingan Belajar Anak Usia Dini Di Rumah". Kegiatan ini dilaksanakan di DK. Mantung RT 02 RW 05 Sanggrahan, Grogol, Sukoharjo.

Melisa mahasiswi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, mengatakan bahwa salah satu program kegiatan KKN yang ia laksanakan adalah Pendampingan Belajar Usia Dini Di Rumah. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu orang tua yang tidak bisa mendampingi anaknya belajar di rumah dikarenakan sibuk bekerja. Selain itu, kegiatan pendampingan ini dapat membantu anak mengembangkan aspek-aspek pribadi yang mereka miliki, seperti sikap, nilai-nilai, kemandirian dan penyesuaian diri anak terhadap situasi belajar yang mereka lakukan saat ini.

Melisa menuturkan bahwa kegiatan pendampingan belajar ini tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah, yaitu menggunakan masker, dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum memulai kegiatan. Kegiatan Pendampingan Belajar Anak ini dilakukan di rumah setiap anak yang membutuhkan pendampingan. Anak yang didampingi adalah anak usia 3-5 tahun.

Dalam program kegiatan ini, relawan mendampingi dan membantu anak dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru disekolahnya. Kegiatan yang dilakukan yaitu mendampingi anak dalam belajar iqro', melakukan hafalan surat dan mendampingi anak dalam kegiatan belajar sambil bermain lainnya seperti, membuat kerajinan tangan, menggambar dan belajar menulis.

Kontak

Melisa (me.melisa98@gmail.com)

Pers Release KKN Kelompok 22, Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Susi Wuri Ani, S.P., M.P.
 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline