Lihat ke Halaman Asli

Visual Storytelling, Mengapa dan Bagaimana?

Diperbarui: 10 April 2019   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: graphicmama

Visual storytelling adalah informasi yang divisualisasi dalam berbagai media agar mudah dipahami. Dapat dilakukan dengan menggunakan foto, video dan ilustrasi untuk menyederhanakan informasi yang kompleks.

Visual menjadi bentuk infomasi yang penting di masa sekarang. Hal ini dikarenakan 90% informasi yang ditangkap dan diproses oleh otak berbentuk visual dibandingkan dengan teks. Visual dapat membantu manusia memahami informasi-informasi kompleks.

Visual storytelling adalah informasi atau ide yang dituangkan dalam bentuk video, gambar, simbol, warna dan teks agar dapat lebih mudah dipahami oleh masyarakat. Media-media tersebut digunakan untuk membantu membangun pemahaman dan menjelaskan suatu makna. Secara singkat visual storytelling adalah cerita yang divisualisasikan.

1. MENGAPA VISUAL STORYTELLING?

Dan Roam menuturkan terdapat beberapa alasan yang mendasari pentingnya penggunaan visual storytelling dibandingkan media yang lain. Alasan-alasan tersebut adalah:

  • Visualisasi adalah teknologi tertua di bumi. Nenek moyang sudah menggunakan visualisasi untuk merekam pengetahuan mereka. Mereka menggambar binatang, alam, kegiatan, dll di tembok-tembok goa. Mereka paham bahwa dengan visualisasi mereka dapat membagikan informasi yang dimiliki. 
  • Visualisasi juga teknologi terbaru. Visualisasi ini dalam bentuk berbeda yaitu media sosial yang berbasis visual seperti Instagram, Youtube, dll. Media sosial ini telah menjadi budaya populer yang dianut oleh masyarakat. 
  • Data penelitian. Terdapat tiga penelitian yang memperkuat pentingnya visual storytelling. IBM's 2015 Smarter Planet Report menyatakan bahwa 90% data yang ada di dunia dihasilkan 2 tahun terakhir. Selain itu, Cisco's 2015 Visual Networking Index menyatakan bahwa 90% data yang ada di internet berbentuk visual. Di samping kedua penelitian itu, Roam juga menemukan bahwa sebagian besar orang tidak tahu cara menggunakan visual. Oleh sebab itu, data-data yang baru saja muncul dapat dikemas dalam bentuk visual storytelling yang mudah dibuat dan mudah dipahami.
  • Percakapan saat ini berbentuk visual. Dalam kehidupan sehari-hari, percakapan lebih banyak berbentuk visual. Tema yang diangkat sebagian besar berasal dari gambar pada media sosial, online shop dan video-video yang tayang di internet maupun televisi. Untuk bergabung dalam percakapan tersebut setiap orang harus menjadi orang yang berbasis visual terlebih dahulu.
  • Kinerja otak. Otak manusia bekerja untuk memproses visual sebanyak dua per tiga bagian dari seluruh kapasitas. Dapat dikatakan, untuk bertahan hidup otak akan lebih banyak memproses visual dibandingkan bentuk yang lain. Proses yang dilakukan otak menggunakan 20% tenaga yang dimiliki manusia  setiap harinya. Oleh sebab itu, visual menjadi penting dalam kehidupan setiap orang.

Sumber: optinmonster

B Ganes Kesari dalam  menjelaskan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam membuat visual storytelling.

2. JENIS STRUKTUR CERITA

Dalam membuat visual storytelling yang baik terdapat beberapa struktur cerita yang dapat digunakan:

  • Monomyth: struktur cerita dimana tokoh utama melakukan petualangan dengan menghadapi berbagai tantangan. Teknik ini dapat membuat penonton merasa terlibat dalam sebuah petualangan. Penonton juga dapat mempelajari adanya keuntungan di balik keputusan mengambil resiko berupa kebijaksanaan dalam menghadapi permasalahan.
  • The Mountainstruktur cerita yang pada awalnya membangun setting cerita kemudian dilanjutkan dengan beberapa konflik yang mengarah pada konklusi klimaks. Struktur ini tidak mengharuskan akhir yang bahagia. Penonton dapat merasakan ketegangan dari cerita yang dibangun dan mengajarkan bagaimana menghadapi berbagai tantangan.
  • Nested Loops: struktur cerita yang menggunakan beberapa cerita pendamping untuk menceritakan inti cerita. Struktur ini baik untuk menggambarkan jalan pikiran hingga menemukan konklusi.
  • In Media Resstruktur cerita ini dimulai di tengah ketegangan cerita kemudian diceritakan bagaimana awal mulanya dan diteruskan dengan penyelesaian. Struktur ini baik untuk meraih perhatian penonton hingga tercapainya konklusi. Selain itu, struktur ini juga membantu memfokuskan perhatian penonton pada bagian terpenting dari sebuah cerita.

3. FAKTOR KEBERHASILAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline