Lihat ke Halaman Asli

Menganalisis Pasar Persaingan Monopolistik dan Pasar Oligopoli

Diperbarui: 30 November 2022   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penulis : Melinda Permata Sari

Jurusan Akuntansi

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Universitas Palangka Raya                                                 

  

Menganalisis mengenai Pasar Persaingan Monopolistik dan Pasar Oligopoli

 

  • Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik adalah persaingan yang tidak sempurna, pasar persaingan ini di kembangkan karena tidak ada kepuasaan pada analisis model persaingan pasar sempurna atau pasar monopoli.

Pasar monopolistik adalah pasar yang mempunyai banyak konsumen yang bisa menghasilkan suatu benda nyata yang berbeda-beda. Di pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah suatu faktor yang dapat mengungkit penjualan.

Ciri-ciri Pasar Monopolistik

  • Memiliki banyak perusahaan
  • Perusahaan menghasilkan banyak produk yang berbeda-beda
  • Bebasnya masuk dan keluar bagi perusahaan baru
  • Perusahaan memiliki permintaan harga yang tidak fleksibel
  • Perusahaan menghasilkan laba normal dalam jangka waktu yang panjang

Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Monopolistik

  • Kelebihan Pasar Monopolistik
  • Konsumen menjadi semakin pilih-pilih saat membeli produk sesuai yang di cari konsumen
  • Memiliki banyak produsen dan beragam pilihan produk
  • Menghasilkan barang yang berbeda-beda
  • Kekurangan Pasar monopolistik
  • Banyaknya persaingan
  • Besarnya biaya kebutuhan untuk pemasaran
  • Membatasi pilihan konsumen
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline