Penulis : Melinda Permata Sari
Jurusan Akuntansi
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas Palangka Raya
Menganalisis mengenai Pasar Persaingan Monopolistik dan Pasar Oligopoli
- Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik adalah persaingan yang tidak sempurna, pasar persaingan ini di kembangkan karena tidak ada kepuasaan pada analisis model persaingan pasar sempurna atau pasar monopoli.
Pasar monopolistik adalah pasar yang mempunyai banyak konsumen yang bisa menghasilkan suatu benda nyata yang berbeda-beda. Di pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah suatu faktor yang dapat mengungkit penjualan.
Ciri-ciri Pasar Monopolistik
- Memiliki banyak perusahaan
- Perusahaan menghasilkan banyak produk yang berbeda-beda
- Bebasnya masuk dan keluar bagi perusahaan baru
- Perusahaan memiliki permintaan harga yang tidak fleksibel
- Perusahaan menghasilkan laba normal dalam jangka waktu yang panjang
Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Monopolistik
- Kelebihan Pasar Monopolistik
- Konsumen menjadi semakin pilih-pilih saat membeli produk sesuai yang di cari konsumen
- Memiliki banyak produsen dan beragam pilihan produk
- Menghasilkan barang yang berbeda-beda
- Kekurangan Pasar monopolistik
- Banyaknya persaingan
- Besarnya biaya kebutuhan untuk pemasaran
- Membatasi pilihan konsumen