Lihat ke Halaman Asli

Melindaaa

Mahasiswi

Pemerintah Punya Peran Pada Pasar: Membangun Fasilitas Pasar

Diperbarui: 16 September 2024   20:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar : Pasar Baruga Kendari (Dokumentasi Pribadi)

Pasar adalah salah satu elemen paling penting dalam perekonomian, di mana terjadi interaksi antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi barang dan jasa. pasar memiliki peran yang sangat signifikan dalam menggerakkan roda ekonomi. Agar pasar dapat berfungsi dengan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi semua pihak,Salah satu peran penting pemerintah adalah menyediakan infrastruktur pasar, terutama pasar tradisional. 

Pemerintah memiliki peran penting dalam menyediakan infrastruktur pasar yang memadai untuk memastikan kelancaran distribusi barang dan jasa, meningkatkan kenyamanan konsumen, serta mendukung para pedagang lokal agar dapat bersaing dengan pelaku usaha di pasar modern.

Input sumber gambar : Pasar baruga kendari,Los terbuka pedagang ikan(Dokumentasi Pribadi)

Los terbuka untuk pedagang ikan adalah area khusus yang disediakan tanpa sekat atau dinding permanen antara satu pedagang dengan yang lain. Biasanya, los ini berbentuk meja atau lapak datar yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan, seperti beton atau keramik. 

pada foto di atas Saya juga sempat bertanya paa salah satu pedagang ikan di pasar baruga kendari,selain fasilitas Los terbuka ada fasilitas apa saja yang telah di sediakan ternyata selain itu telah disediakan fasilitas lain seperti saluran pembuangan air dari sisa sisa air cucian ikan,air bersih untuk membersihkan lapak dan masih banyak fasilitas lainnya. 

selain Los terbuka yang telah disediakan juga terdapat fasilitas berupa area parkir yang terbilang luas.

Input sumber gambar : area parkir motor pasar baruga kendari(Dokumentasi Pribadi)

Input sumber gambar : Area parkir mobil pasar baruga kendari(Dokumentasi Pribadi)

Area parkir di pasar adalah fasilitas penting yang disediakan untuk kendaraan pengunjung, pedagang, dan pemasok barang, untuk menampung kendaraan selama aktivitas di pasar berlangsung,area parkir biasanya terletak di dekat pintu masuk atau sekitar pasar agar pengunjung mudah mengaksesnya.

Seperti yang terlihat pada gambar area parkir yang terdapat di pasar baruga kendari sudah memadai dan telah di bagi sesuai jenis kendaraan antara parkiran mobil dan motor sehingga pengunjung lebih mudah mengakses jalan keluar masuk area pasar.Dengan adanya fasilitas area parkir yang terdapat di pasar,sehingga tidak mengganggu lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki di sekitar area pasar, ini juga dapat membuat pengunjung lebih nyaman untuk berbelanja karena tak perlu merasa khawatir mengenai tempat parkir kendaraannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline