Lihat ke Halaman Asli

Resensi Buku Metode Penelitian Survey (Morissan, M.A)

Diperbarui: 7 Juni 2020   17:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Penerbit: KENCANA

Judul Buku          :Metode Penelitian Survei

Penulis                : Morissan, M.A

Penerbit              : KENCANA

Tanggal Terbit    : Oktober, 2016

Jumlah Halaman : xii, 434 hlm

Metode penelitian survei merupakan metode yang paling sering digunakan di dunia penelitian untuk memperoleh data dan jawaban terhadap berbagai pertanyaan fenomena dari berbagai ilmu pengetahuan. 

Para peneliti yang berada di berbagai bidang ilmu sepert ilmu politik, ekonomi, pertanian, komunikasi hingga keagamaan, semua menggunakan metode survei untuk berbagai tujuan ilmiah. Dengan demikian, penelitian survei menjadi dasar bagian terpenting dalam perkembangan berbagai disiplin ilmu pengetahuan tersebut.

Oleh Karena itu Morissan, M.A menulis buku berjudul "Metode Penelitian Survei". Buku ini adalah buku pengetahuan tentang metode penelitian survei yang bertujuan untuk memberikan acuan sumber secara akademik kepada peneliti.  

Buku ini berisi tentang penelitian survei yang umumnya merupakan metode yang paling sering digunakan dalam dunia penelitian untuk mendapatkan data dan jawaban terhadap berbagai ilmu pengetahuan. Hal ini juga berhubungan dengan kegiatan riset dan penelitian. Riset dan penelitian dapat bersifat formal atau informal. 

Riset formal adalah ketika seorang peneliti harus mengikuti prosedur penelitian dengan tepat, sedangkan riset infromal adalah ketika peneliti tidak perlu mengikuti prosedur penelitian yang sudah ditentukan.  Untuk pembahasan mengenai prosedur penelitian tersebut juga menjadi salah satu materi pembahasan dalam buku ini, dijelaskan dengan terperinci. 

Dan masih banyak lagi pembahasan lainnya di dalam buku ini yang akan sangat bermanfaat untuk seseorang yang akan melakukan penelitian, mulai dari menyusun proposal penelitian, menulis laporan penelitian dan juga bisa membantu mahasiswa yang sedag menyususn penelitian untuk tugas akhrinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline