Lihat ke Halaman Asli

Cara Menambah Nafsu Makan Anak yang Susah Makan

Diperbarui: 8 Januari 2024   11:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 sumber gambar Migi Tv News 

Anak sulit makan? Tawarkan makanan sesuai kebutuhan, mengingat pentingnya gizi dalam pertumbuhan mereka. Beberapa faktor seperti tumbuh gigi, sariawan, diare, atau demam bisa mempengaruhi nafsu makan. Hindari kebiasaan ngemil makanan tinggi gula atau minum susu berlebihan. Untuk mengatasi masalah ini, pilihlah jenis makanan penambah nafsu makan anak, seperti: 

1. Jahe Bisa Jadi Pilihan Untuk Anak

Rempah ini bermanfaat untuk masalah pencernaan anak, seperti perut kembung, mual, atau muntah. Orang tua bisa mengatasi dengan menyajikan jahe dalam sup, sayuran tumis, nasi tim, atau minuman campuran jahe dengan air dan madu. Selain jahe, peppermint, mint, kayu manis, dan ketumbar juga opsi yang baik.

2. Yoghurt kaya akan kalsium 

Yoghurt tinggi probiotik, cocok sebagai penambah nafsu makan anak. Kandungan ini mendukung kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan hasrat makan. Kaya kalsium, baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Pilih yoghurt tawar dengan gula rendah, tambahkan potongan buah untuk rasa manis yang disukai anak.

3. Minyak Ikan Terdapat Kandungan Omega-3 Yang Baik Untuk Anak

Minyak ikan bantu tingkatkan nafsu makan anak dengan kandungan omega-3. Penelitian menunjukkan dapat menurunkan rasa kenyang setelah makan. Meski butuh penelitian lebih lanjut, memberikan minyak ikan kepada anak bermanfaat, terutama untuk pertumbuhan otak karena kandungan omega-3 yang baik.

4. Konsumsi Kacang-kacangan 

Kacang mete, almond, dan tanah bisa jadi pilihan saat anak mogok makan. Kandungan zinknya dapat tingkatkan nafsu makan. Selain itu, kacang kaya protein, asam lemak, dan berbagai nutrisi penting untuk tubuh anak. Untuk yang belum bisa mengunyah, pastikan kacang dilumatkan untuk menghindari risiko tersedak.

5. Selanjutnya Ada Kentang 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline