Lihat ke Halaman Asli

Nasi Bakar Abon Sapi

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1344040097900802770

1344037188599323389

1344037750940870133

Anda terlalu sibuk membuat makanan berbuka yang membutuhkan proses panjang? Nah, di sini saya akan coba memberikan resep super singkat untuk anda berbuka puasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak sulit untuk diperoleh. Anda hanya tinggal menyediakan nasi secukupnya sesuai dengan kebutuhan dan abon sapi (kalau ini bisa dibeli di toko-toko makanan) dan untuk takarannya juga disesuaikan dengan kebutuhan anda. Mari saya tunjukkan proses memasaknya!

Langkah pertama: Siapkan kotak makanan (bentuknya sesuai selera) dan lumuri bagian dalamnya dengan margarin secukupnya.

Langkah kedua: Masukan nasi cukup seperempat dari ketinggian kotak (boleh nasi putih biasa maupun nasi ketan atau campuran).

Langkah ketiga: Taburkan abon sapi sesuai selera di atas nasi yang sudah berada di dalam kotak.

Langkah keempat: Tutup lapisan abon sapi dengan kembali memasukkan nasi secukupnya di atas lapisan abon sehingga abon tidak terlihat dan kemudian padatkan sesuai dengan bentuk kotak.

Langkah kelima: Tuangkan nasi yang sudah dipadatkan dari dalam kotak pelan-pelan ke wadah yang lainnya.

Langkah keenam: Setelah kotak kosong, kembali lumuri dengan margarin dan masukan kembali nasi yang tadi dikeluarkan dari kotak dengan membalikkan bagian yang belum terlapisi margarin berada di bagian paling bawah.

Langkah ketujuh: Tuangkan pelan-pelan nasi lapis abon sapi yang berada di dalam kotak ke dalam wajan pemanggang dan tunggu hingga lapisan nasi paling bawah mengering/renyah (akan terlihat dari margarin yang menyerap ke dalam nasi), kemudian balikkan posisinya. Setelah matang lalu angkat dan hidangkan. (dapat dihidangkan dengan sambal dan kerupuk mie lapis tepung roti : untuk resep kerupuk mie lapis tepung roti tunggu pada edisi selanjutnya).

Selamat mencoba!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline