Lihat ke Halaman Asli

Mulai Belajar Pakai Karaoke

Diperbarui: 26 Juli 2024   02:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Selama ini memang saya bisa menyanyi, tapi tidak bisa main musik karena dulu waktu les organ saya malas kalau tidak diiringi dengan vokal karena waktu itu saya tidak tahu informasi untuk les vokal waktu itu. 

Dulu waktu ikut karaoke bersama teman2, keluarga di tempat karaoke serta karaoke di rumah tanteku, saya cuma untuk hiburan saja dengan lagu2 yang saya hafal. 

Tapi setelah melihat orang bisa menyanyi banyak lagu kebangsaan negara-negara di medsos saya mencoba meniru. Ternyata bisa dengan improvisasi suara unik dan langka serta gaya bebas tidak terikat dengan nada lagu persis tapi bisa improvisasi unik dan langka. 

Sehingga banyak orang heran karena hal itu tidak umum dilakukan orang pada umumnya. Tapi kalau merilis lagu Gospel ciptaan sendiri tentu harus mengikuti birama yang dicocokkan oleh arranger, gubahan, aransemen, mixing mastering, edit, harmonisasi, sinkronisasi, dll. dan recording harus tepat dengan irama lagu tidak boleh putus atau mendesah sehingga akhirnya jadi 1 lagu Gospel ciptaan sendiri dirilis di semua platforms, semoga cepat laris di pasaran. 

Jadi juga perlu belajar menyanyi menurut irama yang benar untuk lagu2 bukan lagu2 kebangsaan negara-negara tapi improvisasi masih diperbolehkan selama tidak menyimpang jauh dari irama lagu aslinya. Lagu Gospel ciptaan saya sendiri sepertinya agak sulit dinyanyikan oleh rata2 orang apalagi lagu2 kebangsaan negara-negara yang boleh dibilang sangat2 langka karena sangat2 sulit dinyanyikan dan banyak genre yang tidak dikenal dan nadanya sulit dicocokkan oleh nada piano. 

Saya paling cocok nyanyi lagu kebangsaan negara-negara Afrika karena aksennya pas dgn saya. Tapi orang sering bilang nyanyian saya sering tidak mengikuti ketukan irama lagu meskipun tidak fales. Sehingga kalau rilis lagu di semua platforms harus belajar mengikuti irama lagu yang benar sesuai dengan birama yang diberikan oleh arranger. Karena itu sebelum merilis lagu kedua dst. saya coba belajar dari karaoke online dulu dari aplikasi karaoke online lalu direkam dan banyak orang yang bilang suara saya termasuk fantastis, unik, sangat merdu. Begitu juga lagu Gospel ciptaan sendiri yang masuk karaoke online. 

Semoga saya bisa jadi penyanyi terkenal dan lagu2 ciptaan saya laris di pasaran. Jadi ada gunanya belajar lagu kebangsaan sehingga lama2 bisa merilis lagu Gospel ciptaan sendiri dan ketika ikut lomba menyanyi tingkat nasional online justru lagu Gospel ciptaan sendiri dan lagu2 kebangsaan negara-negara lain juara semua. 

Semoga suatu saat bisa menciptakan lagu2 Gospel yang sangat merdu dan inspiratif sehingga laris di pasaran dan terkenal dan nyanyian saya lagu kebangsaan negara-negara di medsos bisa dapat awards. 

Siapa tahu suatu saat lagu2 Gospel ciptaan sendiri laris di pasaran dan diundang untuk nyanyi lagu kebangsaan di acara pertandingan olahraga sebelum bertanding sehingga akhirnya jadi penyanyi profesional. Nasib orang siapa tahu. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline