Lihat ke Halaman Asli

Meliana Aryuni

Penulis pemula yang ingin banyak tahu tentang kepenulisan.

Memaknai Merdeka Melalui Perlombaan

Diperbarui: 20 Agustus 2023   13:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Sumber: youtube.com/melianaaryuni

Tahun ini negara kita Republik Indonesia sudah berusia 78 tahun. Usia yang sudah dikatakan tidak muda lagi dan bisa dikategorikan tua, ya. hehehe. Itu sih untuk ukuran usia manusia, ya. Namun, untuk usia suatu negara, 78 itu masih muda banget loh. Palembang aja usianya sudah 1340 tahun!

Kata orang, semakin bertambah usia, makin tambah pengalaman dan makin tambah kebisaan. Bila setiap tahun tidak ada yang berubah dari diri seseorang, maka merugilah orang itu. Pun negara RI yang setiap tahun usianya harus terus bertambah maju sesuai dengan slogan kemerdekaan tahun 2023, yaitu 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju'.

Makna Merdeka Bagi Diri Sendiri

Dokpri.


Banyak sekali makna merdeka menurut para ahli. Kita sendiri pun pasti akan memiliki pengertian yang berbeda tentang  merdeka dan kemerdekaan itu sendiri. Menurut saya arti merdeka lebih diberatkan pada merdekanya seseorang dalam menjalani kehidupan.

Bagi saya pribadi, merdeka adalah suatu keadaan diri yang tidak ditekan atau dipaksa untuk berbuat sesuatu oleh orang lain dalam koridor tertentu. Merdeka itu juga perasaan ikhlas dalam menjalankan tuntutan yang ada dengan pengayaan diri sendiri. Seseorang yang merdeka adalah seseorang yang bahagia menjalankan hidupnya meskipun harus diawali dengan keterpaksaan. Setuju?

Cara Memaknai Kemerdekaan

Bila di zaman dahulu para pejuang rela berkorban untuk memperebutkan kemerdekaan, maka apa sih yang bisa kita lakukan memaknai arti kemerdekaan ini?

Merdeka itu milik semua orang, maka segenap lapisan masyarakat dengan berbagai usia, suku, bahasa, pekerjaan akan memaknai kemerdekaan dalam berbagai cara. Nah, dalam perayaan 17-an kemarin ada makna mendalam pada setiap kegiatan yang saya rasakan. Simak, ya.

Pada perlombaan yang diselenggarakan untuk anak-anak kemarin, ada lomba seperti memasukkan bendera, balap kelereng, memasukkan paku ke dalam botol, makan kerupuk, memasang kaos kaki memiliki makna tersendiri. Berikut ini makna merdeka menurut saya dari setiap perlombaan kemarin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline