Lihat ke Halaman Asli

Meliana Aryuni

Penulis pemula yang ingin banyak tahu tentang kepenulisan.

Olah Kulit Roti Jadi Enak untuk Dinikmati

Diperbarui: 15 April 2022   01:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Siapa yang menyangka kulit roti yang biasanya tidak dilirik bahkan dipandang sebelah mata ini mengandung nutrisi bagi tubuh. Menurut Thomas Hofmann, profesor dari Universitas Munster, Jerman, yang dikutip dari laman kompas.com bahwa ada komponen pelawan kanker yang terkonsentrasi di bagian pinggirannya.

Ternyata, proses pemanggangan menghasilkan suatu jenis antioksidan, yang disebut pronyl-lisin, yang delapan kali lebih banyak terdapat di bagian kulit kering roti daripada pada remahan rotinya.

Kulit roti ini sering saya olah menjadi makanan. Ternyata, beberapa menu dari kulit roti menjadi menu kesukaan anak-anak. Kulit roti yang digunakan ini bukan kulit roti yang sudah dikemas dan dijual di supermarket ya. Ini hanya ada di toko roti tertentu.

Menurut pegawai toko, roti tawar yang mejeng di rak-rak makanan itu adalah sortiran. Nah, bagian bawah dan pinggir yang keras akan dipisah. Namun, jangan salah loh, kulit roti ini akan menjadi pangganan yang lezat. Apa saja pangganan yang bisa dibuat dari kulit roti ini? 

Ada empat pangganan yang bisa dibuat. Salah satunya, ini. Ini versi saya yang tentunya ala-ala koki amatir. Boleh dipratekkan, boleh juga tidak.
Pertama, kulit roti yang agak empuk bisa langsung dimakan atau buatkan minuman seperti susu atau teh hangat. Selembar kulit roti dan teh, hem ... lezat, cukup untuk mengganjal perut di pagi hari.

Kedua, Anda bisa juga menambahkan mentega dan gula pada tiap lembarnya lalu panggang hingga garing. Rasanya, hemm, mirip bangelan mahal loh. Beda dikit sih hehehe.

Ketiga, Anda bisa membuatnya dengan mencacah atau membuat kecil kulit roti (menjadi remahan) lalu ditambahkan telur, gula, mentega, air, dan susu. Masukkan ke loyang, rendam sebentar lalu panggang atau kukus. Setelah dingin masukkan kulkas (opsi). Jadi deh.

Keempat, Anda bisa memotong kecil kulit roti lalu merendamnya dengan susu. Lalu, tambahkan keju dan meses. 

Nah, jika Anda ingin mencoba salah satu dari keempat menu di atas, coba deh tanyakan ke toko roti besar. Apakah mereka menjual kulit roti. Jika ada, beli dan praktekkan. Anda akan ketagihan. Selamat mencoba!

Sumber kutipan:
14 Januari 2015. Jangan Buang Kulit Roti, Bagian Ini Kaya Antioksidan. Kompas.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline