Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Dalam Pembelajaran
Lokasi : SMK Negeri 3 Garut
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dan media pembelajaran interaktif
Penulis : Meli Siska Budiman, S.Pd
Tanggal : 5-7 Januari 2023
SITUASI
Kondisi yang melatar belakangi masalah:
Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimilki peserta didik setelah menerima pengalaman belajar yang meliputi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Namun saat ini, hasil belajar peserta didik tergolong rendah apalagi pasca pandemik Covid-19.
Berdasarkan hasil observasi pengalaman mengajar, wawancara dengan berbagai nara sumber, serta berdasarkan hasil kajian literatur jurnal penelitian yang menjadi faktor rendahnya hasil belajar peserta didik dapat disebabkan beberapa hal, di antaranya:
1) faktor internal yaitu berasal dari dalam diri peserta didik seperti kurangnya minat dan motivasi peserta didik. 2) faktor eksternal yaitu berasal dari luar diri peserta didik, seperti penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan dan cenderung hanya menyimak penjelasan yang disampaikan guru ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.