Pada hari Kamis, 19 Oktober 2023, kami Mahasiswa dari Program Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, melakukan kegiatan wawancara dengan salah seorang Guru TK Indriyasana Baciro yaitu Ibu Tini. Kegiatan wawancara ini kami lakukan guna untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini berkaitan dengan bagaimana menanamkan nilai moral pada anak sejak usia dini.
Mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan wawancara ini adalah:
Monica Juti (2100002011)
Melati ambar Gumilang (2100002014)
Yuwita Kurnia Yanti Gea (2100002036)
Dengan kemajuan teknologi yang semakin maju dan berkembang dengan begitu cepat, penanaman moral pada anak usia dini menjadi hal yang sangat mendasar dan penting bagi perkembangan jati diri anak yang berkualitas untuk di kemudian hari. Menanggapi perkembangan moral pada anak usia dini, maka TK Indriyasana menjalankan pembiasaan-pembiasaan untuk membangun jati diri yang berkualitas sejak usia dini baik di lingkungan sekolah maupun di rumah bahkan di lingkungan masyarakat.
Menurut teori dari Dr. Maria Montessori, seorang ahli pendidikan anak terkenal, pendidikan moral pada anak usia dini adalah fondasi untuk membentuk jati diri yang kuat dan berkualitas. TK Indriyasana Baciro telah menerapkan pembiasaan-pembiasaan tersebut saat pembelajaran berlangsung maupun saat anak bermain.
TK Indriyasana menggunakan beberapa metode untuk menerapkan penanaman nilai moral pada anak yaitu dengan metode bernyanyi, bercerita, bermain peran, penugasan dan tanya jawab. Jika mengalami kendala-kendala yang dihadapi maka langkah yang dilakukan oleh para guru adalah berbagi cerita dan pengalaman untuk dapat diselesaikan secara bersama-sama atau mengadakan evaluasi, memberikan contoh dengan mempraktekkan langsung kepada anak. Menjadi contoh dan teladan bagi anak-anak untuk menerapkan pembiasaan-pembiasaan sederhana.
Mendidik anak usia dini tidak hanya dipandang dari aspek akademiknya saja tetapi aspek penanaman moral. Penanaman nilai-nilai positif pada usia dini akan membantu mereka menjadi individu yang berkualitas dan lebih baik di masa depan. Penanaman moral anak di TK Indriyasana mengacu pada teori Jean Piaget tentang perkembangan kognitif anak. Dengan pendekatan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini, TK Indriyasana juga menciptakan lingkungan sekolah yang memungkinkan anak-anak untuk memahami nilai-nilai yang berkaitan dengan pembiasaan-pembiasaan setiap hari seperti nilai kejujuran, empati, kerjasama dan gotong royong.
Di sekolah TK Indriyasana juga melibatkan orang tua dalam proses penanaman moral ini. Mereka secara rutin pertemuan untuk mengintegrasikan teori-teori dari ahli seperti Erikson dalam perkembangan psikososial anak. Ini menjadi acuan bagi orang tua dalam mendukung perkembangan moral anak-anak mereka di rumah.
Dalam upaya untuk menciptakan generasi yang memiliki karakter unggul, TK Indriyasana telah membuktikan bahwa penanaman moral pada anak usia dini adalah sebagai investasi yang sangat berharga. Dengan bimbingan yang tepat dan dukungan dari para ahli, anak-anak di TK Indriyasana sedang membangun dasar moral yang kokoh untuk membangun jati diri anak di masa depan.