Lihat ke Halaman Asli

Seminar KKN Tematik UPI Kelompok 158: Urgensi Pemasaran Produk secara Digital

Diperbarui: 8 Agustus 2022   17:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Seminar Kuliah Kerja Nyata Tematik UPI merupakan salah satu program kegiatan yang wajibdilaksanakan oleh mahasiswa yang mengontrak mata kuliah KKN Tematik semester genap tahun akademik 2021/2022. 

Adapun KKN Tematik UPI yang mengangkat tema " Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's dan MBKM" ini merupakan aksi nyata dari 17 tujuan SDG's pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan seminar KKN Kelompok 158 dilaksanakan di Dusun Cijaringao, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Kegiatan terhitung sejak tanggal 11 Juli sampai dengan tanggal 11 Agustus 2022.

Alasan mengapa kami memilih Desa Cihanjuang sebagai tujuan KKN kami karena disana terdapat banyak sekali UMKM, salah satu yang sangat terkenal ialah pabrik pembuatan kerupuk yang telah berdiri lama bahkan alat-alat yang digunakannya pun masih menggunakan peralatan tradisional. 

Hal ini relevan dengan subtema yang kelompok kami dapatkan yaitu "Pertumbuhan Ekonomi Merata" dan bergerak di berbagai bidang seperti UMKM, Fasilitas kerja dengan standar K3, dan PDB desa.

Setelah kami menjalankan beberapa program kerja terkait pendataan, selanjutnya saya bersama anggota kelompok kecil berencana membuat sebuah program sosialisasi dan edukasi berbentuk seminar kepada masyarakat Desa Cihanjuang dan fokusan kami kepada pemilik UMKM setempat. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2022  dengan tujuan memberikan edukasi mengenai

urgensi pemasaran produk secara digital yang disamapaikan oleh Dosen UPI Kampus Cibiru yaitu, Bapak Hana Yunansah, S.si., M.Pd.

Adapun informasi yang disampaikan ialah pengertian secara singkat produk dan pemasaran.  Kemudian klasifikasi produk berdasarkan wujudnya, daya tahan, dan tujuan konsumsi. Selain itu, disampaikan pula tahapan penciptaan dan pengembangan produk, product life cycle, urgensi pemasaran digital, manfaat pemasaran digital, keuntungan pemasaran digital, dan jenis pemasaran digital.

Dokpri

Seminar mengenai urgensi pemasaran digital ini dirasa perlu dilaksanakan dan disampaikan karena mengingat zaman yang semakin berkembang, integrasi antara semua bidang kehidupan dengan jejaring internet kini tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Harapan kami ialah dengan adanya sosialisasi edukasi ini masyarakat khusunya pemilik usaha dapat mulai mencoba memasarkan produknya melalui internet. 

Selain dapat menghasilkan keuntungan yang lebih, cakupan atau persebaran produknya pun akan semakin luas lagi. Selain itu pemilik usaha dapat menyesuaikan terhadap perkembangan zaman agar tidak punah keberadaannya. Apalagi pemilik usaha pembuatan krupuk yang menjadi ciri khas Desa Cihanjuang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline