Lihat ke Halaman Asli

Siklus Akuntansi

Diperbarui: 4 Januari 2024   09:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bagi kalian yang masih bingung mengenai tahapan akuntansi, ini beberapa poin penting yang kalian harus pahami sebelum membuat laporan keuangan.

1. menganalisis bukti transaksi, yaitu proses analisis terhadap transaksi yang telah dilakukan suatu perusahaan dimana transaksi tersebut akan dicatat kedalam jurnal. setiap transaksi harus didukung oleh bukti yang sah.

2. mencatat bukti transaksi kedalam jurnal. jurnal adalah alat yang dipakai untuk mencatat transaksi bisnis, pencatatan transaksi dalam jurnal dilakukan secara kronologis sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi yang tercantum dalam bukti transaksi dengan menunjukkan akun atau perkiraan yang di debit dan kredit beserta jumlahnya. jurnal akan mencatat transaksi tersebut dan menentukan lawan transaksi tersebut agar terjadi keseimbangan, misalnya jika terjadi penjualan secara tunai maka kas akan di debit dan penjualan akan dikredit. intinya jumlah debit dan kredit harus sama jumlahnya. jurnal dibagi menjadi jurnal umum, jurnal khusus, jurnal penyesuaian, jurnal penutup dan jurnal pembalik 

3. memposting kedalam buku besar. posting adalah memindahkan akun akun yang tercantum dibuku jurnal ke masing masing akun yang sama di buku besar. buku besar berisi banyak akun dimana setiap akun memuat sebuah perubahan yang terjadi diakun tersebut.

bentuk buku besar: bentuk T sederhana, bentuk skontro atau dua kolom, bentuk saldo tunggal atau tiga kolom dan bentuk saldo rangkap atau empat kolom.

4. membuat neraca saldo. dalam siklus akuntansi, langkah selanjutnya yang dilakukan setelah melakukan posting dalam buku besar yaitu menyusun neraca saldo. neraca saldo adalah kumpulan saldo saldo dari buku besar yang merupakan hasil pemindahan dari jurnal ke buku besar dan dibuat akhir periode. fungsi neraca saldo yaitu untuk membuktikan keseimbangan jumlah debit dan kredit.

5. membuat ayat jurnal penyesuaian. jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat pada proses pencatatan perubahan saldo di dalam akun yang pada akhirnya akan mencerminkan saldo pada jumlah yang sesungguhnya.

6. membuat neraca saldo setelah penyesuaian. setelah melakukan penyesuaian, neraca saldo akan mencerminkan saldo akun yang telah disesuaikan.


7. membuat laporan keuangan

1) laporan laba rugi, adalah laporan yang mencerminkan keberhasilan operasi perusahaan untuk suatu periode waktu tertentu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline