Lihat ke Halaman Asli

Melan Sundari

Orang yang nulis karena ada tugas aja hehe:)

Kegiatan yang Dapat Dilakukan Anak Selama di Rumah

Diperbarui: 18 Juli 2021   11:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Anak Selama di Rumah

Sudah hampir dua tahun ini, seluruh kegiatan pembelajaran dilaksanakan dari rumah secara daring. Sehingga, seluruh waktu anak dihabiskan hanya di dalam rumah. Kegiatan belajar dari rumah ini mungkin dapat menyebabkan anak merasa bosan karena kegiatan yang dilakukannya terasa monoton. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi kegiatan yang dapat bunda lakukan bersama si kecil di sela waktu belajarnya di rumah.

  • Berkebun

Kegiatan berkebun ini akan sangat membantu dalam menumbuhkan rasa cinta lingkungan, kesabaran, tanggung jawab, dan mengajarkan untuk menghargai sebuah proses. Kegiatan berkebun juga dapat memberikan stimulasi sensorik dan motorik anak. Bunda dapat menyiapkan peralatan berkebun kecil untuk anak, lalu berikan contoh bagaimana cara menanam yang benar. Jika anak sudah dapat menanam sendiri, selanjutnya ia bisa bertugas menyirami tanaman dan memberi pupuk.

  • Memasak

Seperti halnya bermain, memasak bagi anak-anak adalah sarana untuk menunjang kreativitasnya. Memasak juga dapat melatih kemampuan tangan anak agar lebih kuat dan terampil untuk melakukan berbagai macam kegiatan lainnya. Bunda dapat mengajaknya untuk memasak makanan favoritnya. Anak dapat dilibatkan dalam menyiapkan alat dan bahan dan proses pembuatan makanan.

  • Olahraga

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang sangat menyehatkan badan. Bunda dapat mengajak anak untuk melakukan gerakan-gerakan ringan yang mudah diikuti oleh anak. Sebagai contoh, bunda dapat mengajak anak untuk senam, lompat tali, bermain lempar-tangkap bola, dan sebagainya. Olahraga ini lebih baik dilakukan di ruangan terbuka, sehingga anak dapat menghirup udara segar dan mendapat sinar matahari. Namun, jika tidak memungkinkan, bunda juga dapat mengajak anak untuk berolahraga di dalam rumah. Pastikan bunda sudah mengosongkan ruangan agar tidak merusak alat-alat di rumah, ya.

  • Membantu Pekerjaan Rumah

6Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih kemandirian, tanggung jawab, dan rasa empati pada anak, serta membuat anak merasa lebih percaya diri. Bunda dapat melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah yang ringan dan dapat dilakukan oleh anak dengan mudah.  Seperti membersihkan tempat tidur, menyimpan kembali mainan ke tempatnya, menyiram tanaman, dan sebagainya. Namun, jangan sampai bunda memaksanya, ya.

  • Membuat Prakarya Dari Bahan Alam

Kegiatan lainnya yang dapat anak lakukan di rumah adalah membuat prakarya dari benda-benda yang ada di sekitar anak. Bunda dapat mengajak anak untuk berkeliling di sekitar rumah untuk menemukan benda yang akan dijadikan prakarya, seperti kerikil, dedaunan kering, ranting pohon, dan sebagainya. Setelah itu ajak anak untuk membuat sesuatu dari benda yang didapatnya, biarkan anak berimajinasi sendiri. Untuk memotivasi dan mengapresiasi anak, bunda dapat memajang karya tersebut di rumah.

Nah itulah beberapa kegiatan yang dapat bunda lakukan dengan si kecil di sela kegiatan belajarnya di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline