Lihat ke Halaman Asli

Mela Aprilla

Saya mahasiswi program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan semester 6. Saya pernah mengikuti Volunteer AYO MENGAJAR INDONESIA tahun 2022 penempatan di lebak-Banten desa Pasireurih kadujolang.

Transparansi Terhadap Pelayanan Publik

Diperbarui: 26 Juni 2023   10:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Transparansi merupakan terciptanya interaksi antara pemerintah dan warga negara sebagai informasi dan kemudahan dalam memperoleh informasi  suatu data atau fakta. 

Pelayanan publik yaitu sekumpulan orang untuk memberikan kemudahan dan pertolongan kepada masyarakat serta mencapai tujuan tertentu menurut Miftah Thoha: 1991.

3 indikator dari pelayanan publik yaitu: 

1. Transparansi merupakan suatu tindakan untuk mengukur keterbukaan proses pada pelayanan publik. 

2. Transparansi harus memiliki aturan yang mudah dan prosedur pelayanannya dipahami oleh konsumen dan lainnya. 

3. Transparansi pelayanan merupakan suatu kemudahan untuk memperoleh informasi bagi konsumen pelayanan publik. 

Ketiga indikator dapat membuat penilaian transparansi pelayanan publik lebih baik dan lengkap. 

Pentingnya transparansi dalam pelayanan publik ada 2 sektor. Pertama sektor publik, pelayanan publik penting selalu berhubungan dengan masyarakat luas yang memiliki kepentingan dan tujuan. 

Kedua, sektor alokasi anggaran seperti masyarakat berhak mengetahui informasi sumber anggaran diperoleh dan dialokasikan untuk apa saja. 

Ada beberapa Penerapan transparansi dalam pelayanan publik diantaranya :

1. Pelaksanaan publik harus mudah diakses dan diinformasikan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline