Lihat ke Halaman Asli

Mela Melani

Mahasiswa

Mengidentifikasi Simbol Peta Berdasarkan Jenis-Jenisnya pada Peta Jawa Barat

Diperbarui: 1 Oktober 2024   21:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber atlas pribadi

Bingung baca peta?

Banyak orang bilang membaca peta membutuhkan keahlian khusus,supaya tidak salah mengartikannya. Kalo kamu salah satunya jangan khawatir. Karena di dalam peta itu sudah diberikan petunjuk berupa simbol-simbol peta yang harus dimengerti agar tidak memnyebabkan kesalahan baca.

Yuk simak informasi dari aku Mela Melani, Nim 2410416120019 mahasiswi Prodi Geografi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat berikut ini mengenai Simbol Peta Berdasarkan Fungsi, Sifat, Bentuk dan Warnanya.

Peta merupakan suatu media komunikasi grafis sehingga informasi yang disajikan dalam peta harus dapat dibaca oleh pengguna. legenda  pada peta menerangkan arti simbol-simbol yang terdapat pada peta. Legenda biasanya diletakkan di pojok kiri  bawah peta. Selain  itu legenda peta dapat juga diletakkan pada bagaian lain peta. Simbol merupakan informasi utama untuk menunjukkan tema suatu peta. Simbol dapat diartikan suatu gambar atau tanda yang mempunyai makna atau arti. Simbol peta haruslah simpel agar mudah dipahami oleh pembaca. 

Contoh legenda yang dipakai pada Atlas 

sumber atlas pribadi

Simbol pada peta memiliki banyak jenis.Penggolongan jenis-jenis simbol peta dibagi sebagai berikut. 

1. Berdasarkan fungsi 

sumber mela melani

Penggunaan simbol pada peta tergantung fungsinya. Untuk menggambarkan bentuk-bentuk muka bumi di daratan, di perairan, atau bentuk-bentuk budaya manusia. Berdasarkan fungsinya simbol peta dapat dibedakan menjadi: 

(a) Simbol daratan, digunakan untuk simbol-simbol permukaan bumi di daratan. Contoh: gunung, gunung berapi, dan pegunungan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline